Bawa Tabung Melon, Mobil Meledak di SPBU Cianjur

POJOKBANDUNG.com, CIANJUR – Sebuah mobil terbakar dan meledak seusai mengisi bahan bakar pada SPBU, Jalan Cianjur-Sukabumi, Warungkondang, Cianjur, Jabar, Kamis (22/10/2020), sekitar pukul 17.40 WIB.


“Dari keterangan saksi, itu terjadi setelah mobilnya isi bensin,” ujar Kanitreskrim Polsek Warungkondang, Ipda Asep Machfud.

Asep menambahkan, api sendiri pertama kali terlihat dari bagian depan kendaraan, pada bawah kemudi. Selanjutnya dengan cepat menyebar.

“Sopirnya beruntung keluar duluan, jadi selamat. Operator SPBU juga gak ada yang jadi korban,” sambungnya.

Upaya pemadaman menggunakan APAR/tabung pemadam sendiri sejatinya sudah operator SPBU lakukan. Namun, api lebih dulu menjalar dengan cepat. “Jadi, apinya langsung besar, nyambar kemana-mana,” katanya.

Asep mengakui, sesaat setelah terbakar, mobil juga meledak dengan cukup keras. Ledakan itu diduga berasal dari puluhan tabung gas elpiji yang dibawa dalam mobil tersebut.

“Iya, mobilnya bawa gas elpiji 3 kilogram. Itu yang meledak,” ungkapnya.

Pihaknya telah mengamankan sopir dan penumpang mobil untuk memintai keterangan lebih lanjut.

“Setelah padam akhirnya ketahuan, ada puluhan tabung gas elpiji 3 kilogram di dalamnya,” beber Asep.

Asep menuturkan, sesaat setelah terlihat percikan api, upaya pemadaman dengan APAR sempat dilakukan.

Akan tetapi, api lebih dulu dengan cepat menyebar dan menyambar seluruh bagian mobil. “Akhirnya warga, operator dan yang dekat situ langsung pada menjauh. Takut nyambar ke SPBUnya,” ungkapnya.

Kerugian akibat peristiwa ini ditaksir mencapai Rp30 juta. “Bukan cuma mobil, tapi sebagian bangunan SPBU juga rusak kena efek ledakannya,” tandasnya.

(ruh/pojoksatu)

Loading...

loading...

Feeds