Duo Spesialis Rampok SPBU Ditembak, Rangkap Jabatan Begal dan Jambret

EKSPOS : Dua pelaku curas diperlihatkan saat ekspos di Mapolresta Bandung, Rabu (21/10).

EKSPOS : Dua pelaku curas diperlihatkan saat ekspos di Mapolresta Bandung, Rabu (21/10).

POJOKBANDUNG.con, SOREANG – Jajaran Satreskrim Polresta Bandung telah mengamankan dua orang yaitu AS dan IB, yang terlibat dalam tindak kejahatan pembegalan atau pencurian dengan kekerasan menggunakan senjata tajam, yang terekam oleh CCTV di SPBU Cikarees Kecamatan Baleendah, pada Jumat (2/10) pukul 4 pagi


“Pelaku ini diidentifikasi berdasarkan CCTV, ada dua orang  menggunakan golok ini dan juga kendaraannya sudah kita amankan. Dan berarti ini memang pelakunya,” ujar Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan saat ekspos di Mapolresta Bandung, Soreang, Rabu (21/10).

Hendra melanjutkan bahwa kedua pelaku tersebut ditangkap di daerah Ciwidey. Kata Hendra, keduanya mau mengincar SPBU di wilayah tersebut. Setelah dilakukan pendalaman, para pelaku ternyata telah melakukan aksinya di sembilan TKP.

“Kemudian kita lakukan pendalaman dan mereka ada sembilan TKP. Dengan spesialis enam SPBU, dua jambret dan satu pembegalan juga. Iya, saya katakan mereka itu spesialis SPBU. Karena ada enam TKP itu. Duo spesialis SPBU,” sambung Hendra.

Hendra mengungkapkan, bahwa kedua pelaku merupakan residivis. Jadi, pernah melakukan kegiatan yang sama dan tertangkap oleh Polrestabes Bandung dan dijatuhi vonis selama 3,5 tahun.

“Jadi mereka ini merupakan spesialis SPBU,” katanya.

Kata Hendra, para pelaku menggunakan golok dan mengincar SPBU-SPBU yang sepi, seperti Cibaduyut, Kiaracondong. Hendra juga mengungkapkan pihaknya terpaksa menghadiahi timas panas kepada pelaku, karena melawan. Atas tindakannya, pelaku terancam pasal 365 KUHPidana dengan ancaman hukuman selama-lamanya 12 tahun penjara.

Sebelumnya diberitakan seorang petugas operator SPBU menjadi korban tindak pencurian dengan kekerasan. Pelaku yang terdiri dari dua orang berhasil mengambil uang sebanyak Rp2 juta dari korban.

Kapolsek Baleendah Polresta Bandung, AKP Sungkowo mengungkapkan bahwa kejadian tindak pidana pencurian dengan kekerasan terjadi di SPBU wilayah Cikarees Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung.

“Kejadiannya kurang lebih pukul 03.55 WIB. Dari hasil keterangan yang diambil uang sebanyak kurang lebih Rp2 juta,” ujar Sungkowo di lokasi kejadian, Baleendah, Jumat (2/10).

M
Sungkowo menambahkan, berdasarkan CCTV dan pengamatan pihaknya, pelaku terdiri dari dua orang dan ada yang menggunakan sebuah golok atau senjata tajam.  Selain itu, dalam menjalankan aksinya, pelaku menggunakan kendaraan roda dua scoppy berwarna merah.

“Untuk korban yang merupakan operator SPBU, alhamdulillah sehat,” jelas Sungkowo.

Terkait dengan langkah selanjutnya, Sungkowo akan melakukan pendalam dan akan berkoordinasi dengan Polresta Bandung terkait dengan temuan di lapangan.

“Akan kami tindak lanjuti dan temukan segera,” pungkas Sungkowo.

Berdasarkan CCTV, terlihat dua orang dengan sebuah kendaraan roda dua, lengkap dengan helmnya, akan mengisi bahan bakar. Petugas SPBU yang ada pun mengisi bensin motor kedua orang tersebut. Tak terlihat ada yang membawa senjata tajam. Namun, setelah petugas selesai mengisi bensin, salah seorang mendekat. Bukannya membayar, orang tersebut justru mengeluarkan golok dan mengarahkannya kepada operator SPBU. Tak selang beberapa lama, kedua orang tersebut pergi dengan membawa sejumlah uang dari petugas SPBU.

 

(fik)

Loading...

loading...

Feeds

Tersangka, Rizieq Syihab Terancam 6 Tahun

Polda Metro Jaya akhirnya resmi melayangkan surat panggilan kepada Rizieq Syihab. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu dipanggil terkait kerumunan saat …

Rizieq Syihab Terancam Pidana

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab telah meninggalkan Rumah Sakit (RS) Ummi di Kota Bogor, Sabtu (28/11).