PAC Tanjungsari Rajai Semua Kelas, Brusli Duduk di Peringkat Dua

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Seni ketangkasan ‘Domba Garut’ tak surut ditengah kemajuan teknologi. Hingga saat ini khususnya di wilayah Jawa Barat, para pelestari kesenian tradisional terus mempertahankan warisan budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi.


Dalam upaya merawat kesenian tersebut, Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI), wilayah Kabupaten Sumedang, menggelar Semi Kontes Ketangkasan Domba Garut.

Pagelaran itu dilaksanakan di Pamidangan Rancabuana Rancakalong Kabupaten Sumedang, pada Minggu (18/10),

Sebanyak 400 domba dari berbagai padepokan memeriahkan pagelaran tersebut. Tanpa mengesampingkan aturan protokol kesehatan covid-19, penonton disuguhi 200 pertandingan terbaik dari setiap domba yang berlaga.

Adapun kelas yang ditandingkan yakni, Kelas A, B, C dan Favorit Tempur.

Juara Umum dalam turnamen ini diraih oleh PAC Tanjungsari, yang berhasil memenangkan pertandingan dari semua kelas. Dengan begitu, PAC Tanjungsari layak mendapatkan piala bergilir. Secara keseluruhan, tercatat ada 24 juara dari masing-masing kelas.

Salah seorang anggota PAC Tanjungsari dari Padepokan Pasanggrahan Dua Puluh (PPDP), H. Adeng mengaku puas dengan gelaran tersebut. Menurutnya, dengan cara seperti ini maka kelestarian seni ketangkasan domba Garut bisa tetap terawat.

“Tentunya saya berharap pamidangan khususnya yang ada di Jawa Barat bisa dibuka lagi,” kata Adeng kepada Radar Bandung, di Cimahi, Selasa (20/10).

Dalam kesempatan ini, tujuh domba dari PPDP yang diturunkan ke pamidangan, salah satunya berhasil menjadi juara pada gelaran tersebut.

Adalah Brusli, domba yang memiliki tanduk tempur milik tim Pasanggrahan Dua Puluh, berhasil menyabet piagam pada kelas Favorit Tempur.

“Meski juara dua, tapi bagi saya itu sebuah prestasi. Namun pada dasarnya, tujuan kami mengikuti kontes atau turnamen ini adalah untuk melestarikan salah satu kebudayaan tradisional yang memang sudah melegenda di tatar sunda ini,” ungkapnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds