XL Axiata Salurkan Bantuan dan Pastikan Jaringan Normal di Tasikmalaya dan Garut

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – Bencana longsor dan banjir bandang menerjang belasan kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut.


Akibatnya, aktivitas masyarakat lumpuh dan infrastruktur jalan dan jembatan tidak bisa dilalui. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah memastikan semua jaringan telekomunikasi dan bermacam perangkatnya tidak mengalami gangguan sehingga layanan kepada pelanggan tidak terganggu. Sejalan dengan upaya menjaga jaringan, tim XL Axiata juga mulai menyalurkan bantuan darurat untuk warga yang menjadi korban.
Head of Sales area Tasikmalaya, Garut, Cirebon, dan Majalengka XL Axiata, Dwianto Patria Awang Sisna mengatakan, “Agar jaringan terus beroperasi dengan normal, XL Axiata telah menempatkan beberapa petugas untuk terus berjaga selama masa rawan bencana banjir ini. Selain itu, tim teknis telah menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan apabila terjadi kondisi darurat seperti genset dan bahan bakar tambahan untuk keperluan infrastruktur BTS.”

Di sekitar area bencana, XL Axiata memiliki lebih dari 1.000 BTS (2G/3G/4G), yang melayani sekitar 815.000 pelanggan. Dwianto menyatakan pihaknya akan berupaya keras menjaga layanan untuk bisa terus beroperasi meski dalam kondisi yang sulit. Menurutnya, sebagian jaringan XL Axiata berada di lokasi yang terkena terjangan banjir, yang hingga saat ini masih cukup sulit untuk menjangkau tempat tersebut. Namun, karena layanan telekomunikasi dan data menjadi sarana yang vital untuk mendukung penanganan bencana, maka upaya maksimal terus dilakukan untuk menjaga layanan.

Dwianto menambahkan bahwa tim XL Axiata akan terus bersiaga baik dari sisi kesiapan jaringan maupun bantuan darurat lainnya untuk mengantisipasi dampak berkelanjutan dari perubahan cuaca ini. Selain memastikan terpenuhinya pasokan bantuan tanggap darurat, XL Axiata pun akan terus memantau kondisi perangkat dan jaringan di area ini agar dapat terus beroperasi di situasi darurat bencana banjir saat ini.

Sementara itu, di lokasi bencana juga tim XL Axiata mulai menyalurkan bantuan darurat kepada warga yang menjadi korban. Bantuan tanggap darurat diserahkan secara langsung di Posko Kecamatan Pameungpeuk Garut dan Posko Kecamatan Bantarkalong Tasikmalaya, Rabu (14/10). Bantuan tanggap darurat dari XL Axiata berupa bahan makanan, obat-obatan, dan air bersih. Untuk penyaluran bantuan, tim XL Axiata bekerjasama dengan aparat setempat untuk memastikan proses distribusinya sampai ke warga yang membutuhkan.

Kesiapan yang sama juga tim teknis XL Axiata laksanakan di seluruh wilayah rawan bencana di Jawa Barat guna mengantisipasi cuaca buruk yang melanda beberapa pekan terakhir. Tim XL Axiata juga melakukan pemantauan atas kondisi masyarakat di daerah-daerah rawan bencana, baik banjir maupun tanah longsor, guna menyiapkan bantuan darurat jika memang diperlukan sewaktu-waktu. Manajemen XL Axiata juga memberikan perhatian lebih pada penanganan bencana, bahkan juga telah menjalin kerjasama dengan aparat terkait, termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) di sejumlah daerah.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Tersangka, Rizieq Syihab Terancam 6 Tahun

Polda Metro Jaya akhirnya resmi melayangkan surat panggilan kepada Rizieq Syihab. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu dipanggil terkait kerumunan saat …

Rizieq Syihab Terancam Pidana

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab telah meninggalkan Rumah Sakit (RS) Ummi di Kota Bogor, Sabtu (28/11).