Masker Scuba Harus Berstandar Kesehatan, Perajin Wajib Tahu

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Menyusul temuan yang menyatakan bahwa masker scuba kurang efektif dalam mencegah Covid 19, maka seharusnya informasi mengenai hal tersebut harus lebih masif disosialisasikan, utamanya kepada para pengrajin dan pedagang masker scuba.


Sekretaris Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung, Tisna Umaran meminta adanya sosialisasi mengenai standarisasi masker, terutama kepada para UMKM pengrajin masker scuba. Hal tersebut menyusul adanya informasi mengenai tidak efektifnya masker scuba dalam menangkal Covid 19.

“Itu kan hasil temuan, ternyata scuba itu tidak efektif. Kita juga kalau secara itunya, engga ngerti ya. Kita mah percaya saja. Oleh karena itu, scuba harus menyesuaikan kalau mau memenuhi syarat. Kalau misalkan dikerjakan oleh UMKM, kan masih ada yang belum tahu, maka harus sosialisasi, bimbingan, dan teknisnya, yang gini nih,” ujar Tisna.

Tisna menyarankan produk masker yang ada sebaiknya bisa memiliki harga yang murah tapi tetap bisa memenuhi standar kesehatan. Apalagi, jika melihat varian masker yang ada di platform online maka dapat ditemukan masker dengan bentuk yang bermacam-macam.

“Karena ini (masker scuba) banyak dipakai oleh masyarakat, maka segera  disosialisasikan. Apalagi para pedagang yang sudah beli dan punya stok. Jadi, apakah harus di double atau bagaimana,” tutur Tisna.

Kepada petugas penegakan disiplin protokol kesehatan, Tisna meminta untuk bijak pada saat menemukan masyarakat yang melanggar protokol kesehatan. Apalagi, kondisi pandemi Covid 19 yang membuat masyarakat lebih susah.

“Terus terang saya ke Satpol, jangan dibentak-bentak, kalau bisa dengan lemah lembut, dan dengan baik-baik juga. Harus bijak dan kreatif. Jadi bagaimana supaya bisa terjadi perubahan perilaku, pada dasarnya orang itu tidak mau disalahkan, maunya dibenarkan,” pungkas Tisna.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …