Rayakan Hari Jadi ke-210 Kota Bandung, Grab Ajak UMKM Lokal Berdigitalisasi Lewat Program Spesial “BRAGA”

BRAGA: Grab bekerja sama dengan pemerintah daerah melalui Dekranasda Kota Bandung untuk memberikan pelatihan virtual tentang cara menjalankan usaha online bagi pelaku UMKM lokal dan istri mitra pengemudi Grab di Bandung, serta mendukung Pasar Kreatif Bandung 2020. (IST)

BRAGA: Grab bekerja sama dengan pemerintah daerah melalui Dekranasda Kota Bandung untuk memberikan pelatihan virtual tentang cara menjalankan usaha online bagi pelaku UMKM lokal dan istri mitra pengemudi Grab di Bandung, serta mendukung Pasar Kreatif Bandung 2020. (IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, menghadirkan program ‘Bandung Raousen Ala Grab’ (BRAGA) untuk memperingati hari jadi ke-210 Kota Bandung.


Seluruh rangkaian kegiatan yang dihadirkan dalam program BRAGA merupakan bagian dari semangat #TerusUsaha yang didedikasikan untuk mendigitalisasi UMKM, sekaligus mendukung program #BanggaBuatanIndonesia milik pemerintah.

Dalam program ini, Grab menyelenggarakan online bazaar GrabExpress dengan memberikan ruang kepada 300 social sellers untuk lebih dekat dengan para pembelinya.

Grab juga bekerja sama dengan pemerintah daerah melalui Dekranasda Kota Bandung untuk memberikan pelatihan virtual tentang cara menjalankan usaha online bagi pelaku UMKM lokal dan istri mitra pengemudi Grab di Bandung, serta mendukung Pasar Kreatif Bandung 2020.

Richard Aditya, Head of West Indonesia, Grab Indonesia menuturkan ada lima rangkaian program BRAGA. Pertama Bandung Raoseun Belanja.

“Program ini menyelenggarakan online bazaar GrabExpress dengan tema “Bandung Great Sale Ala Grab”. Memberikan ruang kepada lebih dari 300 social sellers asal Bandung, serta meningkatkan pendapatan mitra pengemudi melalui jasa pengantaran layanan GrabExpress,” tuturnya.

Program tersebut kata Richard mendukung program pemerintah daerah: Dekranasda dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung menyelenggarakan Pasar Kreatif Bandung 2020 di sembilan mal besar di Bandung mulai 4 September – 25 Oktober 2020 Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan pemerintah daerah: bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat menghadirkan Program Gelar Pangan Murah dengan GrabExpress untuk menjaga kestabilan harga bahan pangan di pasaran. Program ini akan berjalan pada September – Desember 2020.

Program yang kedua kata Richard adalah Bandung Raoseun di Lidah. Program ini adalah layanan GrabFood dan GrabMart: Grab mengajak masyarakat Bandung untuk mencicipi beragam menu masakan dari mitra merchant terbaik di Bandung yang terdapat di dalam aplikasi Grab.

“Yang ketiga Bandung Raoseun di Jalan. Program ini menghadirkan layanan GrabProtect. Grab protect sendiri adlah armada khusus pertama di Indonesia yang memberikan perlindungan tambahan bagi mitra pengemudi dan pelanggan berupa partisi dari plastik tebal untuk keamanan perjalanan dalam armada GrabCar dan GrabBike,” ujarnya.

“ Untuk menjalankan protokol kesehatan, mitra pengemudi Grab diberikan masker dan hand sanitizer selama menjalankan tugasnya. Selain itu, Grab juga akan mengecek suhu mitra pengemudi sekaligus menyemprot cairan disinfektan pada kendaraan yang digunakan oleh para mitra,” sambungnya.

Kemudian program ke empat Bandung Raoseun di Hati. Richar mengatakan sepanjang September 2020, Grab mengajak masyarakat untuk membuat kisah unik dan paling tak terlupakan tentang Kota Bandung.

“Aktivitas ini juga mengajak para wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan museum yang ada di Kota Bandung,” tuturnya.

Program kelima kata Richard adalah Bandung Raoseun buat Usaha. Dimana program ini adalah digitalisasi UMKM. Grab bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melalui Dekranasda Kota Bandung guna meningkatkan kapasitas dan daya saing istri mitra Grab dan UKM binaan Dekranasda Kota Bandung. Akan dilakukan pendataan dan pemilihan pengrajin dari para Istri Mitra Grab yang menjadi mitra pengrajin serta UKM binaan Dekranasda Kota Bandung.

“Para pelaku usaha terpilih juga akan diberikan pelatihan bisnis pemasaran, kurasi produk, serta dibantu pemasaran produk-produknya dalam ekosistem digital yang dimiliki oleh Grab,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Dekranasda Kota Bandung Siti Muntamah mengapresiasi Grab yang telah menyelenggarakan program BRAGA untuk merayakan hari jadi Kota Bandung ke-210. “Kami mengapresiasi dukungan konsisten dan menyeluruh yang diberikan Grab bagi Kota Bandung. Kami percaya dengan adanya rangkaian kegiatan seperti online bazaar dan Pasar Kreatif Bandung dapat memberikan ruang bagi UKM untuk memasarkan produknya,” kata Siti.

Selain itu, bersama Grab, pihaknya mengajak UKM untuk mulai memanfaatkan teknologi dan bergabung dalam platform digital seperti layanan GrabMart dan GrabFood agar lebih mudah dalam mengembangkan usahanya.

“Kami juga berterima kasih atas kerja sama dalam memberikan pelatihan secara virtual untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing para istri mitra Grab serta memberikan pendapatan tambahan dengan menjadi reseller atau dropshipper produk-produk hasil kerajinan UKM binaan Dekranasda Kota Bandung,” ujarnya. (pra)

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …