BPJS Kesehatan Cimahi Kenalkan Berbagai Kanal Layanan tanpa Tatap Muka ke Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pandemi Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia telah mengubah sebagian besar perilaku dan gaya hidup masyarakat. Saat ini upaya-upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus terus digencarkan oleh berbagai pihak. BPJS Kesehatan pun tak ketinggalan dengan terus berinovasi dan memberikan kemudahan-kemudahan dalam melayani Peserta JKN-KIS. Upaya untuk menyosialisasikan kemudahan layanan ini dilakukan salah satunya dengan cara talkshow interaktif di sebuah radio (28/09).


Dalam mendukung sustainabilitas program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan untuk menjamin keberlangsungan program tersebut menuju cakupan semesta, sangat diperlukan penyebaran informasi yang massif dan merata ke seluruh masyarakat agar peserta lebih paham terkait Program JKN dan kemudahan layanan yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan.

“Jadi ada banyak kanal layanan yang kami siapkan sekaligus mendukung pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan mengurangi tatap muka dan kerumunan masyarakat di Kantor BPJS Kesehatan. Yang pertama ada yang namanya CHIKA kependekan dari Chat Assistant JKN, lalu ada juga Voice Interactive JKN atau disebut VIKA, yang ketiga ada aplikasi Mobile JKN, dan yang terakhir sekaligus yang terbaru ada Pandawa yaitu Pelayanan Administrasi Dari Whatsapp,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bandung Barat, Bellza Rizki Ananta saat menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

Dirinya menambahkan bahwa sebagian besar jenis layanan yang ada di kantor BPJS Kesehatan, kini semua bisa dilakukan dan diselesaikan melalui genggaman tangan Peserta JKN, yaitu melalui ponsel. BPJS Kesehatan melihat bahwa saat ini era digital sudah sangat mendominasi kehidupan masyarakat. Hampir semua masyarakat memiliki ponsel pintar (smartphone). Berangkat dari melihat fenomena itulah, maka BPJS Kesehatan bertransformasi pula dan menghadirkan layanan yang praktis dan semakin memudahkan untuk masyarakat.

“Saya merasa senang dengan adanya inovasi layanan dari BPJS Kesehatan, karena sejalan dengan himbauan pemerintah saat ini untuk menekan penyebaran COVID-19 dengan mengurangi aktifitas di luar rumah dan kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Sehingga kami masyarakat tetap sehat dan tetap dapat mengakses seluruh kebutuhan layanan administrasi BPJS Kesehatan walapun dari rumah atau tempat masing-masing,” ujar Ade, salah satu masyarakat yang bertanya kepada narasumber di sela-sela kegiatan.

Bellza mengatakan bahwa BPJS Kesehatan Cabang Cimahi akan senantiasa memperkuat penyebaran informasi kepada seluruh masyarakat melalui berbagai media. Karena masyarakat perlu mendapat infromasi bahwa pelayanan BPJS Kesehatan tetap berjalan normal dan tetap memberikan pelayanan optimal serta semaksimal mungkin kepada seluruh Peserta JKN-KIS walaupun memang dengan beberapa penyesuaian. Salah satunya dengan menghadirkan berbagai inovasi dan kanal-kanal layanan tanpa tatap muka.

(dh)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Libur Natal-Tahun Baru Dipangkas 3 Hari

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA– Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) akhirnya jadi dipangkas. Pemerintah memutuskan mengurangi jatah libur Nataru selama …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …