Ancaman Baru di Tengah Pandemi

SUDAH jatuh tertimpa tangga pula. Sepenggal pribahasa yang menggambarkan keadaan saat ini. Seakan tak pernah habis-habisnya, masalah demi masalah menimpa negeri ini. Pandemi virus Covid-19 belum usai dengan segudang permasalahan yang menyertainya. Kini kita juga diliputi kegelisahan serangan demam berdarah dengue (DBD) yang sudah memakan korban. Hal ini patut diwaspadai, karena gejala ini tidak kalah mematikannya, apabila tidak ditangani dengan segera.


Berangkat dari kasus ini, ada sebagian kelompok yang berinisiatif melakukan pencegahan dini dengan melakukan fogging. Seperti yang dilansir visi.news, 01/08/20. Di tengah wabah Covid-19, perkumpulan penempuh rimba pemanjat tebing Zona Bigade Rimba (Zabra) tidak melupakan ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD). Begitu ada warga yang positif terkena DBD, Zabra bergerak melakukan fogging di wilayah Kampung Sindangsari, Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Memang sangat diperlukan kepedulian dari berbagai pihak dan yang paling utama adalah kepedulian dari pemerintah. Yang berperan aktif, mulai dari penyuluhan masyarakat, pencegahan, penyediaan fasilitas, sampai pengobatan. Sehingga memberikan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan, karena sehebat apapun penemuan dalam teknologi kesehatan, hanya akan efektif menyehatkan masyarakat bila mereka sadar hidup sehat. Kemudian menggerakkan penguasa membangun infrastruktur pencegah penyakit dan juga fasilitas bagi yang terlanjur sakit. Para tenaga kesehatannya juga orang-orang yang profesional dan memiliki integritas.

Bukan orang-orang dengan pendidikan asal-asalan serta bermental pedagang. Yaitu terfokus hanya pada keuntungan semata.

Akan tetapi hal ini tentunya sangat sulit untuk direalisasikan. Karena sistem yang dianut oleh negara kita sekarang adalah sekulerisme-kapitalisme, dimana asasnya adalah mencari keuntungan sebesar-besarnya. Akhirnya, peran pemerintah seolah tidak lebih hanya sebagai penjual dan rakyatnya sebagai pembeli.

Loading...

loading...

Feeds

Pordi Bersiap Menjadi Bagian dari KONI

Permainan Domino sangat populer di seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Bahkan di Sulawesi Selatan sudah menjadi budaya seperti acara pesta biasanya …