Tak Penuhi Perbaikan Dokumen, Bapaslon Gagal Ditetapkan

Liaison Officer (LO) bakal pasangan calon saat menyerahkan berkas perbaikan di Kantor KPU Kabupaten Bandung, Soreang, Rabu (16/9).

Liaison Officer (LO) bakal pasangan calon saat menyerahkan berkas perbaikan di Kantor KPU Kabupaten Bandung, Soreang, Rabu (16/9).

POJOKBANDUNG.com,  SOREANG – Gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung memasuki tahapan penyerahan perbaikan dokumen persyaratan. Jika nanti pada akhirnya, ada bakal pasangan calon yang persyaratannya masih kurang, maka ada kemungkinan bakal pasangan calon tersebut, tidak bisa ditetapkan.


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, Agus Baroya mengatakan berdasarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2020, maka pada Rabu (16/9) merupakan hari terakhir penerimaan berkas perbaikan syarat calon. Tahapan ini akan berakhir tepat pada pukul 24.00 WIB.

“Setelahnya KPU melaksanakan penelitian terhadap berkas perbaikan yaitu tanggal 17-22 September 2020,” ujar Agus saat wawancara di Kantor KPU Kabupaten Bandung, Soreang, Rabu (16/9).

Selanjutnya, pada 23 September 2020 adalah tahapan penetapan berkas bakal pasangan calon. Kata Agus, berkas perbaikan yang sudah diterima itu adalah dari pasangan bakal pasangan calon Yena Iskandar Masoem-Atep. Sedangkan, untuk berkas pasangan Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan dan Kurnia Agustina Naser-Usman Sayogi, kata Agus, masih dalam proses dan akan terus berlanjut hingga batas waktu yang ditetapkan. Terkait bagaimana nasib bakal pasangan calon yang persyaratan dokumennya masih proses, lanjut Agus, maka akan diputuskan di pleno pada tanggal 22 September 2020.

“Nanti kita putuskan di pleno pada 22 September 2020. Yaitu pada masa kita melakukan penelitian perbaikan,” jelasnya.

Sementara itu, LO dari bakal pasangan calon Yena-Atep, Rian mengucapkan banyak terimakasih kepada KPU dan Bawaslu. Yang selama ini, selalu membuka koordinasi, komunikasi dan konsultasi, baik dengan bakal pasangan calonnya maupun LO bapaslon. Hal tersebut, membuat pihaknya semakin tertib dan berhati-hati menyerahkan perlengkapan persyaratan dokumen bapaslon.

“Karena harus sesuai dengan regulasi yang ada di PKPU. Alhamdulillah, kami hari ini menyerahkan kelengkapan perbaikan sesuai dengan hasil pengecekan oleh KPU. Sampai saat ini, perlengkapan dokumen kami, bisa dikatakan lengkap dan memenuhi syarat. Kami hanya sedang menunggu verifikasi hasil perbaikan, sebelum penetapan dari KPU,” tutur Rian.

Kata Rian, didalam tahapan perbaikan dokumen persyaratan perbaikan ini tidak ada kendala yang signifikan. Misalnya di dokumen persyaratan Atep, hanya kurang mengisi kolom motivasi dan target sasaran.

“Selebihnya standar seperti yang lain. Yang lupa nomor legalisir. Nggak ada yang terlalu signifikan,” kata Rian.

Selain itu, LO dari pasangan Nia-Usman, Asep Yusuf mengakui adanya beberapa perbaikan dokumen pasangan Nia-Usman. Namun, perbaikan itu tidak begitu prinsipil, karena hanya beberapa kesalahan penulisan saja. Seperti didalam formulir BB2KWK, ditulis Hj. Nia Kurnia Agustina tapi didalam KTP adalah Hj. Kurnia Agustina. Kini, hal tersebut sudah diperbaiki.

“Ada juga perbaikan-perbaikan lainnya yang tidak begitu prinsipil. Apalagi, jika menyangkut dengan ijazah. Alhamdulillah kami menjadi pasangan pertama yang mengirimkan dokumen perbaikan,” ungkap Asep.

Pihaknya meyakini, semua dokumen bakal pasangan calon yang disyaratkan, sudah dilengkapi dan diperbaiki. Dirinya, berharap tidak akan ada lagi perbaikan dokumen. Karena, semua dokumen sudah dilakukan pengecekan ulang. Hal tersebut merupakan bentuk keseriusan bakal pasangan calon Nia-Usman mengikuti Pilkada Kabupaten Bandung.

“Nanti hari Jumat akan ada bimtek Sidakam terkait dengan sistem alokasi dana kampanye. Nantinya, ada anggota lainnya seperti bendahara tim kampanye dan juga operator komunikasi terkait penggunaan alokasi dana kampanye,” pungkas Asep.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds

Kecewa di Laga Debut

Kecewa di Laga Debut

POJOKBANDUNG.com, MANCHESTER – Gol Donny van de Beek tidak cukup untuk menghindarkan Manchester United dari kekalahan dari Crystal Palace. Van …
Tak Takut Bersaing

Tak Takut Bersaing

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaingan untuk merebut satu tempat di posisi gelandang semakin sengit. Terlebih, Persib baru saja menambah stok gelandang …
Pantang Remehkan Lawan

Pantang Remehkan Lawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Winger Persib Bandung, Febri Hariyadi, optimistis klub berjulukan Maung Bandung itu bisa mempertahankan performa impresif dalam lanjutan …