Pemain Sektor Penyerang Persib Bandung Ini Siap Kiper ‘Dadakan’

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemandangan unik tampak dalam sesi latihan Persib Bandung, dalam beberapa hari kebelakang. Dalam latihan yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) itu, Zulham Zamrun yang biasa bermain di sektor penyerang dirotasi posisinya menjadi penjaga gawang.


Kejadian tersebut terjadi saat Persib menggelar sesi small side games. Bukan tanpa alasan tim pelatih Persib menunjuk Zulham menjadi kiper dalam sesi latihan tersebut.

Situasinya, klub berjulukan Maung Bandung itu kekurangan pemain di posisi kiper lantaran Teja Paku Alam masih menjalani pemulihan cedera hamstring. Zulham pun tak keberatan dengan instruksi yang diberikan tim pelatih Persib kepadanya.

Dia juga tidak masalah bila dalam kondisi mendesak ditunjuk sebagai kiper ‘dadakan’ Persib. Pasalnya, memainkan peran sebagai penjaga gawang bukanlah hal baru Bagi Zulham.

Saat masih membela PSM Makassar, Zulham juga pernah berperan sebagai penjaga gawang. Bukan dalam latihan, momen tersebut dialami Zulham di pertandingan resmi.

“Tidak apa-apa bukan yang pertama juga. Seperti tahun kemarin juga, di PSM, saya berani ditunjuk sebagai penjaga gawang karena penjaga gawangnya cedera dan kartu merah. Mungkin sekarang di Indonesia sudah pada tahu itu menjadi alternatif sebagai sebuah klub apabila ada penjaga gawang yang cedera atau sakit, saya selalu siap,” kata dia.

Kejadiannya terjadi pada Liga 1 2019, saat PSM bersua Semen Padang dalam lanjutan pertandingan pekan ke-20, di Stadion Haji Agus Salim, Padang. Kala itu PSM harus kehilangan dua penjaga gawangnya, Rivky Mokodompit dan Hery Prasetyo, karena cedera.

Sementara jatah pergantian pemain sudah habis, PSM pun harus menunjuk salah satu pemain yang tersedia di lapangan untuk menjadi penjaga gawang. Akhirnya, Zulham yang ditunjuk untuk menjadi kiper ‘dadakan’.

Meski kebobolan satu gol dan PSM harus kalah 1-2 dari Semen Padang, performa Zulham di bawah mistar gawang banyak mendapatkan pujian. Pemain asal Ternate itu tampil cekatan dalam upaya mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Sejumlah penyelamatan juga berhasil dilakukan Zulham. Mantan pemain Persela Lamongan itu pun bercerita, dirinya memang bisa bermain sebagai kiper. Teknik dasar penjaga gawang pun dikuasainya.

Pasalnya, saat memulai karier sebagai pesepak bola, Zulham memang berperan sebagai kiper. Akan tetapi, karena posturnya yang dianggap kurang ideal untuk menjadi kiper, posisi Zulham pun diubah menjadi pemain depan. Peran tersebut dimainkan Zulham hingga saat ini.

“Sebenarnya sih dulu mulai jadi pesepak bola itu dimulai menjadi seorang penjaga gawang cuman engga keterusan karena saya pikir postur saya tidak terlalu tinggi jadi beralih ke pemain menyerang saja, tetapi untuk dasar dasar kiper saya sudah punya dan miliki,” kata Zulham.

Menyoal kiper favoritnya, Zulham mengatakan, ada dua penjaga gawang yang menjadi inspirasinya. Pertama adalah Mukhlis Sahrun, yang pernah bermain untuk Persiter Ternate. Adapun nama kedua adalah rekan satu timnya di Persib, I Made Wirawan.

“Penjaga gawang saya kalau lihat dari penampilan ya Bang Made Wirawan, tetapi kalau pribadi ada satu legend di Ternate, saya selalu melihat dia, Muklis Syahrun, mantan pemain Persiter Ternate,” tutur Zulham.

“Kalau dari skill saya cenderung ke Mukhlis Sahrun karena dia lebih gesit. Kalau dari penampilan ke Bang Made. Enak saja dipandang kalau menjaga di bawah mistar dan semuanya,” kata dia.

(pra/radarbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Kecewa di Laga Debut

Kecewa di Laga Debut

POJOKBANDUNG.com, MANCHESTER – Gol Donny van de Beek tidak cukup untuk menghindarkan Manchester United dari kekalahan dari Crystal Palace. Van …

Kebijakan Relaksasi Iuran BPJAMSOSTEK

BPJAMSOSTEK memberikan respon terkait penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2020 tentang penyesuaian iuran program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan selama …

Manfaat Pensiun Anak sampai Usia 23 Tahun

Seseorang yang terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK, yang didaftarkan dengan program jaminan pensiun oleh perusahaannya, maka Peserta bisa menikmati Jaminan Pensiun …
Puluhan Kendaraan Laku Dilelang

Puluhan Kendaraan Laku Dilelang

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sebanyak 87 unit kendaraan roda dua dan roda empat milik aset daerah Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi telah …
Bergabung karena Terus Dihubungi Lampar

Bergabung karena Terus Dihubungi Lampar

POJOKBANDUNG.com, LONDON – Timo Werner, penyerang muda Jerman itu mengungkapkan salah satu alasan bergabung dengan Chelsea. Sebabnya, dia selalu ditelfon …