Sampoerna Schools System Tingkatkan Kinerja Sekolah dan Guru

POJOKBANDUNG,com–BERBICARA tentang yayasan pendidikan yang ada di Indonesia, maka nama Putera Sampoerna Foundation sudah sangat familiar di banyak kalangan. Sejak tahun 2001, yayasan ini telah berkhidmat memberikan pelayanan pengembangan dunia pendidikan di Indonesia untuk kalangan pendidik, peserta didik hingga lembaga pendidikan.


Yayasan ini bukan hanya dikenal dengan program beasiswa Sampoerna saja, program pengembangan sekolah dan tenaga pengajar guru juga telah dikembangkan secara serius selama lebih dari 19 tahun terakhir. Program-programnya tersebar merata di 27 provinsi yang ada di Indonesia.

Program TLC dan SDO Putra Sampoerna Foundation

Dukungan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia yang dilakukan oleh Yayasan Putera Sampoerna Foundation diwujudkan melalui dua program nyata yang diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia.

Ada dua program unggulan yang diberikan Putera Sampoerna Foundation bagi pengembangan sekolah dan tenaga pengajar di Indonesia, yakni:

1.Teacher Learning Center (TLC)

TLC atau Teacher Learning Center Sampoerna Foundation merupakan program peningkatan profesionalitas dan kompetensi guru sebagai SDM penting di sekolah dan sangat menentukan mutu dan kualitas lulusan di sekolah tersebut.

TLC di kembangkan untuk membantu guru siap secara teknis di lapangan dalam memberikan transfer pengetahuan dengan metode yang lebih profesional dan bisa lebih mudah dipahami.

Pembelajaran tenaga pendidik difokuskan pada STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing tenaga pengajar di Indonesia. Terutama bagi sekolah-sekolah di daerah yang membutuhkan motivasi dan pengembangan lebih intensif bagi tenaga-tenaga pengajarnya.

Program TLC ini dikembangkan di daerah-daerah di Indonesia yang mencakup 27 provinsi dan tersebar di 57 daerah. Antusias dunia pendidikan Indonesia cukup baik menyambut program peningkatan kualitas tenaga pengajar yang menjadi masalah utama sekaligus kebutuhan mendesak bagi peningkatan mutu pendidikan secara umum.

Melalui program ini juga terbentuk jaringan guru-guru profesional yang siap memberikan kontribusi terbaik untuk sekolah dan dunia pendidikan di Indonesia.

  1. School Development Outreach (SDO)

Sedangkan SDO atau School Development Outreach yang sudah didirikan sejak tahun 2004 secara nyata memberikan pelayanan di bidang pendidikan dalam rangka meningkatkan akses lembaga pendidikan sekolah serta upaya meningkatkan profesionalisme tenaga-tenaga pengajar yang ada di sekolah.

Secara khusus SDO ini memiliki inisiatif unggulan yang diberi nama Lighthouse School Program. Program ini secara khusus diberikan kepada sekolah-sekolah dalam membantu pencapaian standar nasional pendidikan Indonesia atau bahkan melampaui standar tersebut dan dapat bersaing hingga ke level internasional.

Lighthouse School Program dari Putera Sampoerna Foundation  ini diaplikasikan dalam bentuk upaya campur tangan selama 3 tahun di sebuah sekolah tertentu dalam rangka membantu pihak sekolah mencapai standar pendidikan nasional Indonesia bahkan hingga lebih. Melalui program ini pihak sekolah benar-benar terbantu secara nyata dan terlihat progress yang signifikan.

Kontribusi di dunia pendidikan Indonesia memang bisa dilakukan oleh siapa saja. PSF sendiri sudah berkomitmen sejak tahun 2001 untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Kemitraan di daerah, nasional, swasta, hingga kemitraan internasional terus dilakukan untuk membantu mengokohkan jaringan dan program-program yang lebih berkualitas dan berkesinambungan.

Tak hanya sekadar wacana, bentuk dukungan PSF untuk dunia pendidikan Indonesia sudah diwujudkan dengan aktivitas dan program yang nyata. Sebagai buktinya, nama yayasan ini sudah sangat dikenal bukan hanya di kalangan pendidik tetapi juga oleh peserta didik di berbagai daerah di Indonesia.

Putera Sampoerna Foundation memberikan kontribusi nyata untuk pembangunan SDM Indonesia yang berdayasaing dan berkesinambungan.(*)

 

Loading...

loading...

Feeds