Pendaftaran ke KPU Besok Jumat, Cabup Dilarang Membawa Massa

Suasana Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung 

Suasana Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung 

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung akan memasuki tahapan pendaftaran calon, yaitu pada tanggal 4,5,6 September 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung hingga jajaran Polresta Bandung melakukan sejumlah persiapan. Diantaranya, pembagian area di lokasi pendaftaran calon pasangan.


Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya mengatakan, saat pelaksanaan pendaftaran, akan ada pembatasan jumlah orang yang masuk kedalam kantor pendaftaran. Oleh karena itu, kantor KPU akan dibagi menjadi tiga area. Pertama, lokasi pendaftaran di dalam Aula, halaman kantor KPU dan di luar pintu gerbang.

“Jumlah orang yang dapat masuk ke dalam lokasi pendaftaran pun akan dibatasi. Di lokasi pendaftaran, hanya diperkenankan sekitar 13 sampai 20 orang saja,” ujar Agus saat dihubungi via telepon, Kamis (3/9).

Pihak yang bisa masuk ke ruang pendaftaran diantaranya, setiap pasangan beserta suami atau istrinya dan juga dari pihak partai pengusung pasangan. Sedangkan, bagi pendukung setiap pasangan akan ditempatkan di halaman kantor KPU dan di luar gerbang KPU.

“Yang masuk aula hanya 13 orang dari total rombongan. Untuk di area halaman atau di bawah tenda hanya boleh diisi maksimal 20 orang. Sedangkan di luar tenda, disarankan tidak ada orang. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada pasangan yang membawa masa banyak,” tutur Agus.

13 orang dari rombongan. Kemudian yang di halaman atau di bawah tenda itu dibatasi sekitar 20 orang. Sedangkan yang di luar tenda disarankan tidak ada, artinya menghindari supaya tidak membawa masa banyak,” tutur Agus.

Pembukaan pendaftaran pada hari pertama dan kedua akan berlangsung hingga pukul 16.00 WIB. Sedangkan pada hari terakhir yaitu pada tanggal 6 September 2020, pendaftaran akan dibuka hingga pukul 24.00 WIB. Agus memastikan pihaknya akan menyiapkan masker dan melakukan pengecekan suhu badan terhadap orang yang, sebelum memasuki area kantor KPU Kabupaten Bandung.

“Masuk ke halaman KPU wajib menjalani pengecekan suhu,” pungkas Agus.

Sementara itu, Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan mengatakan menjelang tahapan pendaftaran calon pasangan Pilkada Kabupaten Bandung, pihaknya terus berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung serta dengan aparat lainnya, seperti TNI dan Satpol PP. Kata Hendra, dalam tahapan pendaftaran calon pasangan, yaitu pada tanggal 4,5,6 September 2020, ada 250 personil yang disiagakan.

“Berdasarkan informasi, semua calon akan mendaftar pada Jumat (4/9). Bagus jadinya, karena Jumat berkah sehingga niatnya pun akan bagus,” ujar Hendra di Mapolresta Bandung, Kamis (4/9).

Kata Hendra, indikator keberhasilan Pilkada Kabupaten Bandung adalah tidak adanya cluster baru Covid 19. Hendra melanjutkan, nanti di KPU Kabupaten Bandung ada tiga zona yaitu zona inti, zona ruang tunggu dan zona luar. Pembagian zona ini dilakukan untuk mencegah kerumunan.

“Zona inti hanya boleh dihadiri oleh pasangan calon. Kemudian dari partai pengusung, hanya boleh diwakili oleh dua orang. Kemudian di zona ruang tunggu diisi oleh anggota partai lainnya dan juga pendukung. Dan di zona luar diisi oleh simpatisan,” tutur Hendra.

Hendra memastikan setiap pasangan calon akan didampingi anggota keamanan maupun pendampingan ajudan.

(fik)

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …