Seorang Pedagang Pasar Baru Positif COVID-19, Satu Blok Ditutup

Ilustrasi blok Pasar Baru

Ilustrasi blok Pasar Baru

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Satu orang pedagang Pasar Baru terkonfirmasi positif Covid-19, lantai D1 blok S Pasar Baru ditutup selama empat hari.


“Pada tanggal 20, satu orang pedagang Pasar Baru masuk rumah sakit Rotinsulu dan terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru (HP2B), Iwan Suhermawan kepada wartawan, Selasa (1/9/2020).

Iwan mengatakan, pasien sudah sejak tanggal 16 tidak datang ke Pasar Baru karena memang tidak enak badan.

Setelah itu dibawa ke rumah sakit sehingga setelah dinyatakan positif, pasien melakukan isolasi mandiri.

“Makanya kecil kemungkinan ada penyebaran di Pasar Baru,” aku Iwan.

Karenanya, Iwan meminta masyarakat untuk tidak takut datang ke Pasar Baru. Karena baik pengelola dan instansi terkait sudah melakukan tindakan preventif.

“Selain melakukan penutupan di blok tertentu, kami juga melajukan penyenprotan desinfektan di seluruh pada baru, selama 4 hari,” tegasnya.

Selain itu, kesadaran pedagang juga kini sudah meningkat, sehingga memakai masker dan mencuci tangan sudah dilakukan dengan rutin.

Disinggung alasan ditutupnya pasar hanya 4 hari, Iwan mengatakan itu merupakan kesepakatan dari instansi terkait yang punya kewenangan.

Selain itu, Iwan juga mengatakan penutupan satu blok dalam waktu yang relatif singkat karena dikhawatirkan akan menghambat laju pertumbuhan ekonomi lagi.

Saat ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung tengah melakukan pelacakan, kemana saja pasien sudah melakukan perjalanan.

Selain itu, selama 15 hari ini sudah bertemu dengan siapa saja.

Sayangnya hingga berita ini diturunkan, Iwan mengatakan belum akan dilakukan rapid test di Pasar Baru untuk mengetahui dengan pasti siapa saja yang berpotensi menjadi pasien covid-19.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds