BPJS Kesehatan Tingkatkan Mutu Layanan JKN di Bandung Barat Bersama Tim TKMKB 

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG BARAT – Kualitas Pelayanan adalah salah satu hal yang sangat penting dan menjadi acuan dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS oleh BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan sendiri telah melakukan berbagai upaya baik internal BPJS Kesehatan ataupun bersama stakeholder, dalam meningkatkan kualitas mutu pelayanan untuk mencapai kepuasan peserta dalam menggunakan Program JKN-KIS, seiring dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap program JKN-KIS.


Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS di wilayah kerjanya, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi menyelenggarakan pertemuan koordinasi bersama Tim Kendali Mutu Kendali Biaya (TKMKB) tingkat Kabupaten Bandung Barat. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai bentuk penerapan di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam setiap kegiatan di tengah pandemi wabah Covid-19, Jumat (28/08). Acara tersebut juga dihadiri oleh angota TKMKB yang terdiri dari perwakilan masing-masing Rumah Sakit, Ketua IDI, Dinas Kesehatan, dan lain-lain di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bandung Barat, Bellza Rizki Ananta  menjelaskan tentang tugas dan tanggungjawab bersama dari BPJS Kesehatan maupun tim TKMKB Cabang Cimahi dalam menjaga mutu dan layananan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS. Ia juga mengungkapkan BPJS Kesehatan mengapresiasi dukungan TKMKB terhadap keberlangsungan Program JKN-KIS selama ini.

“Pertemuan ini bertujuan untuk memastikan tercapainya mutu dan layanan Program JKN-KIS sesuai dengan standar pelayanan di fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Selain itu, dukungan dari semua pihak, terutama TKMKB dan organisasi profesi memungkinkan kami untuk terus menjaga keberlangsungan program. Kedepannya, saya kira perlu langkah-langkah strategis untuk mendorong peningkatkan kualitas layanan di  FKTP dan di FKRTL,” ujar Bellza.

Pembentukan tim ini diharapkan sebagai kontrol atau pengawasan sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS, serta diharapkan dapat membatu mengontrol keberlangsungan finansial baik itu internal ataupun eksternal BPJS Kesehatan yang tepat sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Oleh karenanya, penting dilakukan pertemuan secara berkala untuk memastikan faskes memberi pelayanan yang maksimal kepada peserta. Seperti yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Cimahi yang melaksanakan pertemuan TKMKB ini.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Devi Afni, didampingi oleh beberapa staf. Kegiatan pertemuan TKMKB ini juga mempunyai agenda penyampaian materi serta diskusi yang membahas hal-hal yang terjadi saat pelayanan di fasilitas kesehatan, baik itu di FKTP maupun FKRTL.

Dalam kesempatan tersebut, ketua TKMKB Bandung Barat Zakaria mengungkapkan siap mendukung dan berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dalam Program JKN. Ia juga mengingatkan kembali kepada anggota TKMKB yang dipimpinnya agar selalu memperhatikan standar, memperhatikan mutu, dan mengawasi potensi penyelahgunaan wewenang dalam pelayanan kesehatan.

“Kita harus berbenah, kita satu tim, mari kita saling membantu bersinergi dan bermitra strategis untuk menjalankan kendali mutu dan kendali biaya di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Pertemuan TKMKB ini diharapkan dapat memberi solusi ataupun tanggapan atas kasus-kasus yang sering terjadi pada pelayanan di FKTP dan FKRTL yang dapat mengakibatkan kerugian terhadap peserta, pihak internal BPJS Kesehatan maupun stakeholder atau pihak eksternal. Selain itu kepuasan peserta JKN-KIS dalam hal pelayanan di fasilitas kesehatan sebagai dapat terpenuhi sesuai dengan regulasi yang berlaku, serta sesuai dengan prinsip BPJS Kesehatan.

(dh)

Loading...

loading...

Feeds

43 Prajurit TNI Ditukar US Army

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan beberapa perwakilan dari tentara Amerika untuk Indonesia. Dalam pertemuan …