Kembangkan Potensi Santri Melalui Program Santani

DOA: Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, (depan), pimpin doa, bersama pengurus Masjid Jami Al Azhar di Desa Kasturi, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Sabtu (15/8/2020). FOTO:IST

DOA: Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, (depan), pimpin doa, bersama pengurus Masjid Jami Al Azhar di Desa Kasturi, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Sabtu (15/8/2020). FOTO:IST

POJOKBANDUNG.com, MAJALENGKA – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar), Uu Ruzhanul Ulum, terus bergerak dalam mendukung program Santri Tani (Santani). Salah satunya turun langsung melakukan peletakan batu pertama, dalam pembangunan Masjid Jami Al Azhar, di Desa Kasturi Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Sabtu (15/8/2020).


Menurut Uu, dengan didirikan sebuah masjid di lingkungan masyarakat, diyakini mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat khususnya di Jawa Barat.

“Pembangunan masjid ini merupakan bentuk perwujudan Jabar juara lahir batin. Sebab,
segala sesuatu bisa berhasil jika sarana dan prasaranannya menunjang,” kata Uu.

Sementara upaya lain dalam mengoptimalkan program Santani di Jabar, lanjut Uu, sudah saatnya para santri dilibatkan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi hingga pembangunan di lingkup pondok pesantren.

Dengan begitu, paradigma dikalangan santri yang identik dengan pendidikan agama saja, seperti mengaji, dakwah dan lainnya, bisa dipadukan dengan keahlian lain yang bisa dirasakan manfaatnya.

“Melalui program Santani diharapkan para santri dapat mengembangkan potensi khususnya di bidang pertanian,” kata Uu,

Kendati begitu, lanjut Uu, bukan hal mudah dalam mengoptimalkan program tersebut hingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya yang berada disekitaran kawasan pondok pesantren.

“Selain dorongan dari pemerintah, peran para pimpinan pondok pesantren pun sangat diharapkan bisa menciptakan terobosan hingga membuka peluang ekonomi, yang berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup,” ungkapnya.

Sementara itu, Pengasuh Santri di Masjid Jami Al Azhar, Ustadz Cucu mengungkapkan rasa hormatnya atas kehadiran Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, yang datang langsung untuk melakukan peletakan batu pertama sekaligus memberikan doa dan motivasinya.

“Dibangunnya masjid ini, diharapkan mampu membangkitkan semangat para santri dalam kemajuan pendidikan agama. Ini adalah suatu penghormatan bagi kami,” ucapnya singkat. (gat)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …