Pengisi Suara Doraemon Meninggal Dunia

Nurhasanah

Nurhasanah

POJOKBANDUNG.com – Kabar duka datang dari Nurhasanah. Wanita yang namanya dikenal sebagai pengisi suara Doraemon ini dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (12/7) kemarin.


Dikutip dari ANTARA, kabar mengenai meninggalnya Nurhasanah itu diketahui dari unggahan akun Instagram @indonesianvoicetalent.

Innalillahi wa innailaihirojiun. Kabar duka datang dari keluarga besar Doraemon Indonesia. Nurhasanah, dubber Doraemon sejak 1993,” tulis akun tersebut dalam keterangan unggahannya.

Dijelaskan juga bahwa penyebab meninggalnya Nurhasanah akibat sakit yang diidapnya. Kabar ini juga mengundang komentar dari warganet yang merasa kehilangan dengan Nurhasanah yang telah mengisi masa kecil lewat animasi Doraemon.

Nurhasanah Iskandar lahir pada 20 Mei 1958. Namanya dikenal luas masyarakat Indonesia sebagai pengisi suara. Dia dikenal sebagai seiyū atau pengisi suara tokoh animasi Doraemon yang ditayangkan di RCTI sejak tahun 1993.

Dalam wawancara dengan ANTARA pada 2017 lalu, Nurhasanah pernah bercerita pengalamannya sebelum menjadi penyulih suara Doraemon. Saat itu, beberapa temannya di RRI mengisi suara untuk kartun Doraemon. Almarhumah Prabawati Sukarta yang menyulih suara Shizuka adalah rekan Nur, sementara pengisi suara Suneo saat itu adalah atasannya.

Tawaran menjadi penyulih suara Doraemon kemudian datang dari mendiang Prabawati ketika penyulih suara si robot kucing saat itu, Anita Riyadi, akan diganti.

Saat itu, Nurhasanah justru bertanya balik seperti apa suara Doraemon karena ia belum pernah menonton kartun tersebut. “Prabawati bilang, ‘Lo nonton dulu deh hari Minggu pagi. Lo pasti bisa’,” kenang Nurhasanah.

Nurhasanah resmi menjadi pengisi suara Doraemon sejak 1993. Setelah tiga belas tahun, ia sempat vakum dari Doraemon karena diganti dengan orang lain.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

Gubernur Jabar Siap Divaksin Covid-19

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar menyatakan kesiapan menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19 …

Idul Adha, Telkomsel Serahkan 777 Hewan Kurban

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA–Menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Telkomsel memberikan bantuan 777 hewan kurban yang akan disalurkan kepada sekira 43.000 penerima …

Hadirkan Popok Dewasa Berkapasitas Besar

POJOKBANDUNG.com – SEIRING dengan meningkatnya harapan hidup penduduk Indonesia yang mencapai 66 tahun, maka terjadi juga peningkatan pada jumlah lanjut …