‎Gugus Tugas Beberkan Penyebab Penularan Korona di Secapa AD Bandung

POJOKBANDUNG.com – Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa TNI AD) di Kota Bandung, Jawa Barat menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Jumlah siswa dan tenaga pengajar yang tertular total sebanyak 1.262 kasus.


Lantas, kenapa bisa terjadi?

Tim Komunikasi Publik Percepatan Penanganan Covid-19, Kiki Ika Syafitri mengatakan bahwa penularan itu terjadi diduga karena virus Korona yang menyebar lewat udara. Adapun, WHO sudah mengumumkan bahwa Covid-19 bisa menular lewat udara.

BACA JUGA: Waspada! COVID-19 Melayang 8 Jam di Ruang Tertutup

“Kalau sirkulasinya tidak bagus, orang berkumpul di suatu tempat tidak berjaga jarak, ya sangat mungkin terjadi,” ujar Kiki dalam diskusi virtual di Jakarta, Sabtu (11/7).

Kiki menambahkan, penularan juga diduga karena tidak disiplinnya para siswa dan pengajar dalam menerapkan protokol kesehatan. “Orang melakukan aktivitas tertentu kadang cukup sulit juga memakai masker,” katanya.

Banyaknya siswa Secapa TNI AD yang tertular tersebut karena Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 masif melakukan pemeriksaan. Saat ini, PCR sudah bisa melakukan tes sebanyak 30 ribu spesimen.

“Ini lebih banyak terkait peningkatan kapasitas tes. Kita mulai dengan 30 ribu. Kita juga bisa maksimal dengan 30 ribu per hari,” ungkapnya.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …