Kelompok PIK-R Tunas Priangan, Bantu Remaja Perkenalkan Dunia Keremajaan

Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Tunas Priangan sedang memberikan sosialisasi mengenai dunia keremajaan di Desa Pataruman, Kabupaten Bandung Barat.

Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Tunas Priangan sedang memberikan sosialisasi mengenai dunia keremajaan di Desa Pataruman, Kabupaten Bandung Barat.

POJOKBANDUNG.com – BKKBN melalui program Generasi Berencana (GenRe) berusaha merangkul remaja Indonesia agar tidak salah bertindak. Pada peringaran Hari Keluarga Nasional ke-27 yang jatuh pada 29 Juni, BKKBN ingin menghidupkan kembali Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di masing-masing daerah.


Salah satu PIK-R yang sudah berjalan adalah PIK-R Tunas Priangan yang ada di Desa Pataruman, Kabupaten Bandung Barat. Setiap minggunya, para anggota memberikan penyuluhan kepada remaja di desa tersebut mengenai dunia remaja–fase menuju dewasa.

Dunia remaja disebut sebagai fase menyenangkan. Pasalnya, di sana terjadi perubahan aktivitas sosial atau peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Fase ini terjadi pada individu dengan rentang usia 23-21 tahun.

Perubahan ini juga pasti diikuti dengan peralihan emosional individunya. Makanya banyak disebut kalau remaja cukup riskan terjebak pada hal-hal yang baru mereka kenal. Mengawal dan mengarahkan remaja ini merupakan satu dari sekian banyak tugas PIK-R.

Ketua Kelompok PIK-R Tunas Priangan, Yuda Gousul Alam mengatakan, banyak remaja di desanya yang belum paham bagaimana mereka seharusnya bertindak. Mengikuti arahan BKKBN sebagai induk yang menaungi program PIK-R, para anggota setiap minggunya rutin memberikan konseling kepada remaja di setiap RW yang ada di Desa Pataruman.

“Kita menjabat 3 tahun, setiap tahunnya pasti ada program kerja yang mengenai dunia keremajaan. Tahun pertama kita punya program unggulan yang namanya Arus GenRe yang artinya sebar virus GenRe,” kata Yuda ketika dihubungi, Kamis (09/07).

Pada kegiatannya kelompok ini fokus memberikan pengarahan mengenai keremajaan, kesehatan reproduksi dan pergaulan remaja. Melakukan pendekatan secara personal, Yuda menyebut, kelompok PIK-R memosisikan diri sebagai teman, sehingga teman-teman yang mau konsultasi tidak canggung dan bebas bercerita.

“Justru tujuan kita itu, yaitu membuat teman-teman yang bisa dibilang masih fase pencarian jati diri bisa bebas mengemukakan pendapat. Kita juga pendekatannya personal, jadi gak formal dan teman-teman bisa lebih dekat layaknya teman aja,” jelasnya.

Sudah berlangsung selama enam tahun, PIK-R Tunas Priangan sempat vakum lima tahun. Akhirnya, tahun ini mereka kembali membangkitkan dan menjalankan kegiatan dalam pendampingan remaja di Desa Pataruman.

Selain turun langsung ke setiap RW, PIK-R Tunas Priangan juga berkolaborasi dengan organisasi terkait dan pemengaruh atau influenser untuk menjangkau remaja yang lebih luas. “Jumlah anggotanya ada kurang lebih 150 orang. Remaja dengan rentang usia 16-24 tahun dan belum menikah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Yuda mengungkapkan antusias remaja setempat sangat bagus. Bahkan mereka meminta untuk dilakukan kegiatan konseling setiap hari, pasalnya para remaja merasa punya wadah atau organisasi yang bisa membantu mereka melewati fase-fase keremajaan.

Selain konseling, remaja yang tergabung juga bisa menyalurkan kemampuan bakat dan minatnya. “Ada salah satu tema sosialisasi kita adalah perencanaan. Jadi kami mengajak para remaja ini untuk berencana, saat dewasa mereka mau ngapain aja. Dipersiapkan sejak jauh-jauh hari,” imbuhnya.

Saat ini PIK-R berjumlah sekitar 23.579 pusat dan tersebar di 34 provinsi. Melalui GenRe disebut menyatakan penolakan terhadap tiga hal, yaitu seks pranikah, pernikahan dini, dan narkoba.

(fid)

Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Tunas Priangan sedang memberikan sosialisasi mengenai dunia keremajaan di Desa Pataruman, Kabupaten Bandung Barat.

Loading...

loading...

Feeds

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …