30 Balita Dites Usap Usai Imunisasi di Bidan yang Positif Covid-19

POJOKBANDUNG.com – Sebanyak 30 balita di Kabupaten Tabanan, Bali, segera menjalani tes usap Covid-19 yang dijadwalkan pada Kamis (9/7). Tes itu diperlukan setelah bidan yang memberikan layanan imunisasi terkonfirmasi positif Covid-19.


”Bidan yang terkonfirmasi positif Covid di Puskesmas Tabanan III sempat memberikan layanan imunisasi untuk balita sehingga GTPP Covid-19 Tabanan melakukan pelacakan kontak terhadap balita dan pengantarnya,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Tabanan I Putu Dian Setiawan seperti dilansir dari Antara di Denpasar.

Menurut dia, hasil pelacakan didapat 30 balita yang pernah kontak bersama pengantarnya saat imunisasi. Mereka akan dilakukan tes usap pada Kamis (9/7). Selain 30 balita dan pengantarnya tersebut, dari hasil penelusuran ada 82 orang lain yang pernah kontak dengan bidan Puskesmas Tabanan III positif Covid.

”Mereka juga dilakukan tes usap. Sebanyak 82 orang yang merupakan hasil pelacakan kontak dengan bidan Puskesmas Tabanan III yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu, sudah dilakukan tes usap pertama dan hasilnya negatif. Untuk tes usap kedua akan dilakukan bersamaan dengan balita dan pengantarnya,” jelas I Putu Dian Setiawan.

Dian menjelaskan, 82 tes usap tahap pertama yang sudah turun hasilnya terdiri atas 61 tenaga di Puskesmas Tabanan III dan 21 masyarakat umum. Semuanya sempat kontak dengan bidan yang dinyatakan positif korona tersebut. Jumlah total yang akan dilakukan uji tes usap pada Kamis (9/7) kurang lebih sebanyak 142 orang.

Sementara itu, terkait dengan pelayanan di Puskesmas Tabanan III sementara akan dialihkan. ”Sambil menunggu hasil tes usap, layanan dialihkan ke Puskesmas Tabanan 1,” terang I Putu Dian Setiawan.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …