Mensos: BST Dilanjut sampai Akhir Tahun

BST : Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P. Batubara saat memberikan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung.

BST : Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P. Batubara saat memberikan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung.

POJOKBANDUNG.com, KATAPANG – Kementerian Sosial Republik Indonesia akan memberikan Bantuan Sosial Tunai (BST) hingga Desember. Tetapi, besaran nominalnya akan mengalami penurunan. Hal tersebut dikarenakan roda perekonomian sudah mulai bergerak kembali.


Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P. Batubara mengatakan, Bantuan Sosial Tunai (BST) akan diberikan hingga Desember 2020. Meskipun demikian, besaran nominal BST tersebut akan berkurang yaitu hanya Rp300 ribu. Hal tersebut dikarenakan, situasinya yang sudah memasuki New Normal sehingga aktivitas ekonomi sudah dibuka secara perlahan-lahan dan ekonomi dapat bergerak kembali.

“Bantuan hingga Juni sebesar Rp600 ribu, sedangkan pada Juli sampai Desember sebesar Rp300 ribu. Selain karena sudah memasuki New Normal, juga ada program-program pemulihan ekonomi lain, yang digelontorkan oleh misal Menko Perekonomian, dan dari UMKM,” ujar Juliari usai mengecek langsung proses penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST), di Katapang, Sabtu (4/7).

Untuk mekanisme pemberian bantuan pada Juli sampai Desember, kata Juliari, masih sama. Hanya untuk data penerima, pihaknya memberikan kewenangan kepada Pemerintah Kabupaten. Pada prinsipnya, yang paling layak dibantu, itulah yang diusulkan.

“Kabupaten yang menentukan siapa saja yang dianggap layak untuk menerima, nanti datanya dikirim ke kita, kalau datanya masih sama, ya mangga, kalau ada yang diganti, ya mangga,” sambungnya.

Juliari tak menampik, di awal program pemberian bantuan ini ada kendalanya. Tapi untuk sekarang, dirinya merasa yakin pemberian bantuan, sudah dilaksanakan dengan lancar.

“Mudah-mudahan bermanfaat buat warga Kabupaten Bandung yang terdampak, dan bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” tutur Juliari.

Dari total Pagu Anggaran Kemensos TA 2020 sebesar Rp104,453 triliun telah direalisasikan sebesar Rp65,026 triliun atau sebesar 62.25%, per tanggal 3 Juli.

Di Kabupaten Bandung tercatat sebanyak  99.575 KK penerima BST dengan nilai Rp179.235.000.000. Kota Bandung terdaftar sebanyak 70.069 (KK) penerima BST dengan nilai Rp126.124.200.000. Adapun total penerima BST di Provinsi Jabar sebanyak 1.150.254  (KK) dengan nilai total Rp2.070.457.200.000.

Dalam rangka mengakselerasi distribusi bantuan, Kemensos banyak melakukan terobosan. Hal tersebut membuat realisasi anggaran Kemensos tertinggi di antara K/L, juga menggerakkan roda ekonomi.

“Kami semua di jajaran Kemensos terus melakukan akselerasi belanja untuk semua jenis belanja, baik itu belanja bansos, belanja modal, belanja barang, dan seterusnya. Dengan akselerasi belanja, sangat membantu menggerakkan perekonomian sesuai arahan Bapak Presiden,” kata Juliari.

Juliari menegaskan,  tingginya realisasi anggaran Kemensos tidak lepas dari “sense of crisis” yang terlihat dari berbagai terobosan yang dilakukan Mensos. Ia menginstruksikan PT Pos Indonesia menambah durasi layanan dari pagi hingga malam, menggerakkan semua _resources, selain menambah loket-loket dan titik lokasi penyaluran di komunitas, seperti kantor desa, kantor kelurahan, sekolahan, pos RW, dan sebagainya.

“Penyaluran BST dilakukan secara simultan. Yakni disalurkan berbarengan antara salur dengan pemutakhiran perubahan data, untuk mempercepat dan meningkatkan ketepatan sasaran, menambah transporter (pihak yang menyediakan sarana transportasi), menambah vendor, mengurangi item bansos dengan nilai sama, dan sebagainya,” pungkas Juliari.

 

Loading...

loading...

Feeds

Gubernur Jabar Siap Divaksin Covid-19

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar menyatakan kesiapan menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19 …

Idul Adha, Telkomsel Serahkan 777 Hewan Kurban

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA–Menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Telkomsel memberikan bantuan 777 hewan kurban yang akan disalurkan kepada sekira 43.000 penerima …

Hadirkan Popok Dewasa Berkapasitas Besar

POJOKBANDUNG.com – SEIRING dengan meningkatnya harapan hidup penduduk Indonesia yang mencapai 66 tahun, maka terjadi juga peningkatan pada jumlah lanjut …