Sepeda Kreuz, Brompton-nya Made In Bandung

Pekerja menyelesaikan porses pembuatan Sepeda Kreuz di rumah Workshop Sepeda Kreuz, Jalan Cikutra, Kota Bandung. FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

Pekerja menyelesaikan porses pembuatan Sepeda Kreuz di rumah Workshop Sepeda Kreuz, Jalan Cikutra, Kota Bandung. FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG

Tidak disangka, setelah beberapa kali buat prototipe, Yudi dan Juju berhasil membuat sepeda Kreuz dengan formula dan komponen yang mirip seperti Brompton.


Tentunya dengan harga yang jauh lebih terjangkau, kemampuan sepeda Kreuz sudah disesuaikan dengan kontur jalan di Indonesia.

Sepeda Kreuz memiliki frame yang lebih cekung dibanding Brompton yang agak lurus. Kalau dilihat dari jauh, sepeda Kreuz akan tampak seperti Brompton karena secara model keseluruhan tidak ada perbedaan yang signifikan.

Yudi menjelaskan tren bersepeda yang sedang berkembang membuat produksi sepeda Kreuz membludak. Permintaan tersebut bahkan sudah penuh sampai bulan September 2021.

“Sistemnya pre order, pertama kali buka order itu bulan Maret-April kemudian Mei saya jual bebas lewat pesan WhatsApp, sudah penuh sampai tahun depan,” jelasnya.

Bersama empat pekerjanya, Yudi bisa membuat satu set sepeda sesuai pesenan selama dua bulan. Dalam sekali memproduksi 10-15 frame bisa dibuat, kata Yudi, pihaknya menerima pesanan sepeda sesuai keinginan konsumen.

“Semua tergantung konsumen, kita sediakan saja nih konsumen punya budgetnya berapa. Satu frame dibanderol harga Rp 3,5 juta,” terangnya.

Sepeda Kreuz bisa jadi salah satu alternatif bagi penggemar sepeda yang ingin tampil keren dengan kualitas bagus namun harga terjangkau.

Dalam produksinya, Yudi dan Juju memberdayakan 30an pelaku usaha di Kota Bandung. Sekaligus meningkatkan kepopuleran sepeda Kreuz, dia ingin membuktikan kalau orang Indonesia bisa membuat produk berkualitas yang mampu bersaing dengan luar negeri.

“Nggak harus sepeda tapi kita harus melihat bahwa orang Indonesia bisa buat produk lokal yang bagus dan berkualitas,” tandasnya.

(fid)

Loading...

loading...

Feeds

Menyongsong Peradaban Baru Era 5.0

SEIRING perjalanan hidup manusia beserta peradaban yang dilahirkannya, kemajuan industri dan teknologi kerap tercermin dari masa ke masa. Generasi demi …