Error Lagi! Error Lagi, Situs PPDB 2020 Jabar Bikin Ortu Siswa Stres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG –  Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat sudah menambah kapasitas atau bandwidth server sebagai penunjang pelaksanaan PPDB tahun ini.


Dengan penguatan jaringan teknologi informasi (TI) itu, pelaksanaan PPDB yang digelar daring kemudian diklaim akan lebih siap dan optimal. Namun, di lapangan, sistem error nyatanya masih saja terjadi. Meski server ditambah, situs PPDB masih kerap sulit terakses.

Sistem error, misalnya, terjadi bahkan pada hari pertama pendaftaran PPDB Jawa Barat, Senin (8/6) lalu. Selain itu, server eror kembali terjadi saat pengumuman hasil seleksi tahap pertama pada, Senin (22/6).

Pengumuman hasil seleksi tahap pertama disampaikan melalu situs resmi PPDB Jawa Barat, yakni https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id, namun server mengalami eror, terdapat sejumlah kendala saat masuk ke dalam situs tersebut.

Kelemahan ini, dinilai beberapa pihak sebagai sebuah persoalan menahun, berulang dari tahun ke tahun. Sulitnya mengakses server, dikatakan sebagai salah satu keluhan utama yang kini kembali mencuat dalam pelaksanaan PPDB 2020.

Ketua Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP), Illa Setiawati mengaku heran dan mempertanyakan mengapa kondisi itu masih saja berulang.

Hal tersebut menjadi salah satu keluhan yang disampaikan langsung Illa bersama sejumlah orang tua siswa dari FMPP lainnya kepada pihak Disdik Jabar, Selasa (23/6/2020).

“Server eror tidak bisa dibuka. Itulah yang disayangkan kenapa pada tahun sekarang ketika siswa harus mendaftar di jalur online ini, masalah tahun kemarin, seperti tidak juga dijadikan contoh,” katanya.

 “Titik koordinat pun banyak yang salah. Ketika dokumen harus dilengkapi beritanya juga pada saat sudah login tanggal 12 tengah malam. Kan kalau harus memperbaiki data juga tidak bisa,” bebernya.

Illa menyayangkan server error yang masih terjadi saat PPDB semasa pandemi yang sejatinya berujung tombak pada pelaksanaan daring. Hal ini, kata Illa, dinilai kian menyulitkan orang tua siswa, terlebih tak semua orang tua siswa mahir dan mengerti betul pelaksanaan PPDB daring.

Loading...

loading...

Feeds

Gubernur Jabar Siap Divaksin Covid-19

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar menyatakan kesiapan menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19 …