Kalapas Sukamiskin Usulkan Pembebasan Nazaruddin, Ditjen PAS: Disetujui

Lapas Sukamiskin Bandung (ist)

Lapas Sukamiskin Bandung (ist)

POJOKBANDUNG.com – Mantan Bendahara Umum (Bendum) Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Sukamiskin, Jawa Barat, pada Minggu, 14 Juni 2020. Seharunya, Nazarudin bebas pada 13 Agustus 2020.


Kabag Humas dan Umum Ditjen Pas Kemenkumham Rika Apriyanti mengatakan, Kalapas Sukamiskin Thurman Hutapea mengusulkan agar Nazaruddin menjalani program cuti menjelang bebas (CMB) pada 7 April 2020. Usulan CMB itu disetujui dalam sidang TPP Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

“Bahwa Nazaruddin akan selesai menjalani pidana pada 13 Agustus 2020. Sehingga pada 7 April 2020 diusulkan oleh Kepala Lapas Kelas I Sukamiskin untuk mendapatkan CMB,” kata Rika dalam keterangannya, Rabu (17/6).

Rika menyatakan, setelah Kalapas Sukamiskin mengusulkan program CMB kepada Nazaruddin, usulan tersebut disetujui dalam sidang TPP Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang lamanya sebesar remisi terakhir, selama dua bulan. “Pelaksanaanya jatuh pada tanggal 14 Juni 2020,” ujar Rika.

Rika mengakui, Nazaruddin telah memenuhi persyaratan administratif dan subtantif untuk mendapatkan CMB berdasarkan Pasal 103 Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

“Bahwa yang bersangkutan habis menjalankan pidananya di tanggal 13 Agustus 2020, dan terhadap yang bersangkutan diberikan hak CMB sebesar dua bulan, pada 14 Juni 2020,” ucap Rika.

Menurutnya, Nazaruddin yang dipidana selama 13 tahun dalam dua kasus berbeda ini telah membayar uang denda sebesar Rp 1,3 miliar. Nazar juga disebut menerima justice collaborator atau saksi pelaku yang bekerjasama dengan KPK.

“Narapidana atas nama Muhammad Nazaruddin telah ditetapkan sebagai pelaku yang bekerja sama (justice colaborator) oleh KPK berdasarkan, Surat nomor R-2250/55/06/2014 tanggal 09 Juni 2014 perihal surat keterangan atas nama Muhammad Nazaruddin,” ungkap Rika.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Jawa Barat, Abdul Aris menyampaikan, selama menjalani masa CMB, mantan politikus Partai Demokrat itu akan mendapatkan pengawasan dan bimbingan dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Bandung sesuai dengan domisili penjaminnya.

Aris menyebut, Nazar juga menerima potongan hukuman, atau remisi selama masa pembinaan. Nazar yang menjalani masa hukuman 13 tahun seharusnya baru bebas pada 2024. “(Nazaruddin) menerima remisi 49 bulan,” tukas Aris.

Untuk diketahui, Nazaruddin divonis dalam dua kasus yang berbeda. Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu dijerat dalam kasus suap pembangunan wisma atlet (Hambalang) untuk SEA Games ke-26 pada 2011.

Nazaruddin sempat menjadi buronan meninggalkan Indonesia sebelum statusnya menjadi tersangka dan menyatakan melalui media massa bahwa sejumlah pejabat lain juga terlibat dalam kasus suap tersebut, hingga akhirnya ia tertangkap di Cartagena de Indias, Kolombia.

Nazaruddin kemudian divonis 4 tahun 10 bulan penjara. Dia terbukti menerima suap sebesar Rp 4,6 miliar yang diserahkan mantan Manajer Pemasaran PT Duta Graha Indah (DGI) Mohammad El Idris kepada dua pejabat bagian keuangan Grup Permai, Yulianis dan Oktarina Fury. Kemudian hukumannya diperberat oleh MA menjadi 7 tahun penjara.

Tahun 2016, Nazaruddin juga didakwa mengenai gratifikasi dan pencucian uang melalui berbagai perusahaan miliknya. Dalam perkara ini Nazar divonis 6 tahun penjara. Jika diakumulasikan, hukumannya menjadi 13 tahun penjara.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

Kecewa di Laga Debut

Kecewa di Laga Debut

POJOKBANDUNG.com, MANCHESTER – Gol Donny van de Beek tidak cukup untuk menghindarkan Manchester United dari kekalahan dari Crystal Palace. Van …
Tak Takut Bersaing

Tak Takut Bersaing

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaingan untuk merebut satu tempat di posisi gelandang semakin sengit. Terlebih, Persib baru saja menambah stok gelandang …
Pantang Remehkan Lawan

Pantang Remehkan Lawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Winger Persib Bandung, Febri Hariyadi, optimistis klub berjulukan Maung Bandung itu bisa mempertahankan performa impresif dalam lanjutan …