Gelar Forum Kemitraan di Masa Pandemi, BPJS Kesehatan Cimahi Perkuat Sinergi dengan Stakeholder

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG BARAT – Meski tengah berada di masa wabah Corona Virus Disease atau yang biasa disebut Covid-19, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi bersama para pemangku kepentingan Kabupaten Bandung Barat tetap semangat melaksanakan kegiatan Forum Kemitraan (Forkemit) secara daring pada Selasa (26/5) kemarin. Pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan untuk melakukan tugas dan tanggung jawab dalam menyelesaikan setiap permasalahan pada sisi pelayanan kesehatan.


Forum Kemitraan diselenggarakan sebagai wadah komunikasi untuk berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait kebijakan untuk meningkatkan mutu pelayanan Program JKN-KIS. Forum ini juga dimanfaatkan sebaga ajang menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman atas regulasi dan ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam kepesertaan dan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Devi Afni menuturkan bahwa forum ini dibuat untuk saling membicarakan persoalan yang terjadi di lapangan, dan bersama-sama mencari solusinya termasuk dalam hal kepesertaan dan pelayanan kesehatan. Dalam forum ini juga dibuka penyampaian pendapat dan saran demi keberlangsungan program JKN-KIS yang diemban oleh BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara.

“Keberlangsungan program JKN-KIS harus terus dijaga salah satunya dengan merangkul seluruh stakeholder dan juga harus mendapatkan dukungan seluruh elemen masyarakat dalam penyelenggaraannya, dan perlunya komunikasi yang baik untuk saling menunjang peningkatan mutu pelayanan,” ujar Devi.

Forum kemitraan dihadiri oleh Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat, perwakilan rumah sakit se-Kabupaten Bandung Barat, dan beberapa perwakilan stakeholder terkait seperti Dinas Dukcapil, Dinas Kesehatan, dan Dinas Sosial/Bidang Kesra.

Sementara itu Sekretaris Daerah selaku ketua forum, Asep Sodikin mengharapkan kepada BPJS Kesehatan agar senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat terkait Program JKN-KIS. Dirinya berkomitmen akan terus mengawal Program JKN-KIS di Kabupateng Bandung Barat. Ia juga akan melakukan beberapa upaya agar seluruh penduduk Kabupaten Bandung Barat bisa segera menjadi peserta JKN di tahun 2020 ini.

“Sebagai salah satu mitra BPJS Kesehatan, kami memberikan apresiasi atas diadakannya forum ini, sehingga permasalahan yang terjadi di lapangan bisa diketahui duduk persoalannya dan bersama mencari solusi yang terbaik. Kita minta semua pihak yang terkait untuk saling bersinergi dan bekerjasama. Kita juga berharap pelayanan di fasilitas kesehatan semakin dibenahi, sehingga keluhan-keluhan yang ada di lapangan dapat diminimalisir,” ucap Asep.

(ymi)

Loading...

loading...

Feeds