Kepuasan Peserta Menjadi Kunci Utama Pelayanan Klinik LMC Cimahi di Era JKN-KIS

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) saat ini sudah berjalan lebih dari lima tahun dengan peserta melampaui 220 juta jiwa. Ini membuat Indonesia menjadi negara dengan peserta jaminan kesehatan terbesar di dunia.


Jumlah peserta yang yang sangat besar tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi stakeholder dalam memberikan pelayanan kepada peserta. Salah satunya adalah Klinik Luhur Medica Center Cimahi (LMC) selaku Provider mitra BPJS Kesehatan yang menjadi kepercayaan masyarakat Cimahi dan sekitarnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, baik dalam program promotif maupun preventif.

Sejak tahun 2015, Klinik LMC, yang terletak di Jalan Cihanjuang, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi telah bermitra dengan BPJS Kesehatan. Saat ini, jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan yang terdaftar di Klinik LMC lebih dari 20 ribu jiwa.

Menurut Fauzi selaku pemilik Klinik LMC, program JKN-KIS BPJS Kesehatan memberikan banyak manfaat. Selain mendapatkan pelayanan promotif dan preventif, peserta JKN-KIS juga mendapatkan jaminan pembiayaan kesehatan. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Klinik LMC Cimahi setiap tahunnya.

“Sebagai mitra provider BPJS Kesehatan, kami selalu siap mendukung pelaksanaan program JKN-KIS yang sudah lebih dari 5 tahun berjalan. Memberikan pelayanan terbaik dan mengutamakan kepuasan peserta adalah salah satu cara untuk senantiasa berkontribusi dalam penyelenggaraan program JKN-KIS ini.
Karena sebagai salah satu FKTP, Klinik LMC menjadi titik awal peserta JKN-KIS dalam mengakses pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, rata-rata peserta JKN-KIS yang berkunjung berjumlah lebih dari 70 peserta setiap harinya. Selain pelayanan kesehatan berupa pengobatan, pelayanan yang diberikan bagi pasien peserta JKN-KIS antara lain konseling, senam prolanis, home visit, penyuluhan, serta layanan informasi dasar tentang program JKN-KIS.

“Kami sering mendengar banyak peserta JKN-KIS di Klinik LMC yang sangat berterima kasih dengan adanya program JKN-KIS ini karena bermanfaat bagi mereka dan keluarga,” ucap Fauzi saat menceritakan tentang pengalamannya dalam melayani peserta JKN-KIS.

Dengan semakin meningkatnya jumlah peserta JKN-KIS, Fauzi juga berharap, agar di FKTP lebih dioptimalkan lagi sebagai tempat pemberian informasi terkait kepesertaan JKN-KIS baik itu tentang prosedur maupun terkait kualitas dan alur layanan program JKN-KIS, sehingga kedepannya pelayanan terhadap peserta JKN-KIS dapat lebih optimal lagi.

(ymi)

Loading...

loading...

Feeds

Gubernur Jabar Siap Divaksin Covid-19

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar menyatakan kesiapan menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19 …