Bandara Husein Tolak Pemudik Naik Pesawat, Calon Penumpang Wajib Penuhi 3 Syarat Ini

Pelayanan di Bandara Husein Sastranegara.Foto:pojokbandung

Pelayanan di Bandara Husein Sastranegara.Foto:pojokbandung

Setelah menunjukkan 3 dokumen tersebut, penumpang baru akan masuk ke dalam kategori dipertimbangkan untuk berangkat. Dalam kategori tersebut, mereka akan dievaluasi oleh Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Bandung (KKP). Petugas KKP akan memvalidasi dokumen serta melakukan cek fisik apakah ada tanda terjangkit COVID-19 atau tidak.


“Apabila calon penumpang tersebut sudah dinyatakan sehat dan tidak ada tanda-tanda terjangkit Covid-19 oleh Tim KKP, selanjutnya penumpang mengisi electronic Healt Alert Card,” lanjut Iwan.

Jika sudah melalui proses ini, maka petugas memperbolehkan calon penumpang menunggu di boarding room. Proses ketat masih belum selesai. Sebelum masuk ke pesawat, petugas maskapai penerbangan juga akan melakukan prosedur pengecekan kesehatan lebih dulu.

“Ada physical distancing di pesawat, duduk jaga jarak, dan capacity pesawat maksimal 50 persen. Jadi cara duduk tidak berdekatan seperti biasa,” kata Iwan.

Setelah tiba di destinasi, Electronic Healt Alert Card pun akan kembali diverifikasi oleh petugas KKP. Selain itu, mereka akan diukur lagi suhu tubuhnya. Dengan demikian, Iwan berpesan, kepada setiap calon penumpang agar datang dua atau tiga jam sebelum keberangkatan utk mengikuti proses pemeriksaan sesuai dengan prosedur.

Iwan menegaskan, surat keterangan sehat tidak bisa dan tidak dilayani oleh manajemen PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara. “Itu tanggung jawab pihak yang diangkut, apabila salah satu dokumen dari tiga tidak lengkap, maka Anda tidak bisa terbang,” jelas Iwan.

“Prosedur yang dilakukan pihak manajemen PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara ini mengacu pada Permenhub nomor 25 dan Surat Edaran nomor 32 tahun 2020 dari Dirjen Perhubungan Udara dan Surat Edaran nomor 4 tahun 2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” pungkasnya.

(muh/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Flyover Simpang Padalarang Resmi Dibuka

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat resmi membuka dan mengaktifkan jalan layang (Flyover) Simpang Padalarang beroperasi. Rencananya Flyover …
54 Warga Positif Covid-19 dari Klaster Pengajian di Cianjur

Kasus Covid-19 di KBB Tinggal 4 Orang

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyisakan 4 orang. Berdasarkan data Satgas Covid-19 …