Pulang dari Arab, 86 WNI Asal Jabar Diisolasi di Cimahi

Ilustrasi transportasi

Ilustrasi transportasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dalam mengantisipasi penyebaran Corona Virus Diseas (Covid-19) di wilayah Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bergerak cepat dalam menangani wabah tersebut.


Hal itu termasuk dalam kepulangan Warga Negara Indonesia (WNI) asal Jawa Barat dari Negara Arab Saudi, sesuai Surat dari Kementerian Dalam Negeri RI, Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler, Direktur Perlindungan WNI dan BHI Nomor 05055/WN/05/2020/66 tentang Rencana Kepulangan WNI dari Arab Saudi ke Indonesia.

Melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, yang ditangani oleh Divisi Pelacakan dan dibantu oleh Divisi Fasyankes dan Divisi Pengamanan.

Berikut kronologisnya :

1. Persiapan Keberangkatan Tim Penjemputan ke Bandara International Soekarno Hatta.

Dilakukan briefing yang dipimpin Dedi Mulyadi dari Divisi Pelacakan dan Dedi Taufik Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar selaku Koordinator Sub Divisi Pengawasan Massa dan Penegakan Aturan, serta Marion Koordinator Divisi Fasilitasi Pelayanan Kesehatan, dalam kesempatan itu turut hadir dalam pertemuan selain personil dari Divisi Pelacakan dan Fasyankes juga perwakilan dari Kogartap, Satuan Polisi Pamong Praja Jawa Barat, dan Kepolisian Daerah Jawa Barat.

Dedi Mulyadi dalam arahannya menjelaskan tentang teknis penanganan di bandara sedangkan Dedi Taufik dalam arahannya menjelaskan tentang mengenai teknis pengawalan dan pengamanan penjemputan. Selain itu pemberlakuan protokol kesehatan dijelaskan oleh Divisi Fasyankes bagi seluruh target WNI yang tiba.

Selain briefing seluruh personil kegiatan, Dedi Taufik juga telah berkoordinasi dengan Dirut Angkasa Pura 2 (utk kemudahan di bandara), serta Korlantas Polri dan Dirops Jasa Marga (kemudahan di TOL)

2. Kedatangan WNI di Soekarno Hatta

Tepat pada pukul 16.33 WIB Pesawat Saudi Arabian dengan nomor Penerbangan SVA818 tiba di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, yang selanjutnya langsung dilakukan pengecekan kelengkapan surat-surat kedatangan, dan pemeriksaan protokol kesehatan Covid 19.

Dari 243 Warga Negara Indonesia rombongan (WNI) yang dipulangkan sebanyak 86 WNI asal Jawa Barat langsung diberangkatkan menuju kantor Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Jl. Kolonel Masturi No.01, Cipageran, Cimahi yang dijadikan sebagai tempat Pusat Isolasi Mandiri Provinsi Jawa Barat

3. Tiba di tempat tujuan (BPSDM Jabar)

Sekitar pukul 22.21 WIB rombongan WNI asal Jawa Barat yang berjumlah 86 orang tiba di kantor Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) diserahkan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar kepada dr. Vini Adiani Dewi sebagai penanggung jawab Pusat Isolasi Mandiri BPSDM Provinsi Jawa Barat. Sedangkan untuk pengamanan dibackup oleh personil dari Kodim Cimahi dan Satpol PP Cimahi.

Sementara itu, salah satu warga Jabar yang pulang dari Arab Saudi, Jaka Budiman, menceritakan bahwa penjemputan dan fasilitas yang diberikan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar untuk memastikan ia beserta rombongan aman dan menjalani semua protokol kesehatan.

“Sangat terlihat keseriusan Pemerintah Provinsi Jabar dalam memerangi COVID-19 ini. Kami ucapkan terima kasih kepada Pemda Provinsi Jabar beserta jajarannya,” kata Jaka

Direncanakan pada hari ini, minggu 3 Mei 2020 akan dilaksanakan tes swab untuk memastikan ada tidaknya yang tarpapar Covid 19.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds