100 Tahun Lalu, Indonesia Terinfeksi Wabah Serupa Pendemi Covid-19, Ini Sejarahnya

Pandemi flu spanyol (YouTube/Live Science)

Pandemi flu spanyol (YouTube/Live Science)

POJOKBANDUNG.com – Virus Corona (Covid-19) yang mewabah dunia mirip dengan gejala Flu Spanyol yang pernah melanda sebagian belahan bumi ini termasuk Indonesia pada tahun 1918. Penderita Flu Spanyol memiliki gejala yang mirip dengan pneumonia atau radang paru-paru.


Mengutip Centers for Disease Control and Prevention, Flu Spanyol terjadi pada tahun 1918 hingga 1920 di seluruh dunia secara merata. Terjadi selama dua tahun, wabah Flu Spanyol ini setidaknya mengakibatkan meninggalnya 50 juta orang.

Sementara di Indonesia secara mengejutkan, menempati urutan ketiga sebagai negara dengan tingkat kematian terbesar di dunia akibat Flu Spanyol ini. Di urutan pertama ada India dan urutan kedua ditempati oleh Afrika Selatan.

Berdasarkan data dari Mortality From The Influenza Pandemic of 1918-1919 in Indonesia, terungkap bahwa setidaknya ada 4,26 sampai 4,37 juta penduduk Indonesia yang menjadi korban Flu Spanyol ini.

Pandemi flu spanyol (YouTube/Live Science)

Padahal, jumlah besar ini baru mencakup daerah Pulau Jawa dan Madura. Tidak diketahui jumlah korban jiwa di luar Jawa dan Madura kala itu, karena keterbatasan melakukan sensus penduduk.

Saat Flu Spanyol melanda, banyaknya korban jiwa di Indonesia diduga karena respon yang lambat dan sifat acuh tak acuh dari pemerintah atau warga setempat kala itu.

Loading...

loading...

Feeds

Gubernur Jabar Siap Divaksin Covid-19

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar menyatakan kesiapan menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19 …

Idul Adha, Telkomsel Serahkan 777 Hewan Kurban

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA–Menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Telkomsel memberikan bantuan 777 hewan kurban yang akan disalurkan kepada sekira 43.000 penerima …