Perkuat Solidaritas, Bantuan 20 Ton Beras Didistribusikan dari Ikawarna kepada Ribuan Warga

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Solidaritas antar warga di tengah pandemi virus corona (Covid-19) harus terus diperkuat. Hal ini bisa meringankan beban ekonomi yang sedang berada dalam ketidakpastian.


Salah satu contoh yang bisa ditiru adalah solidaritas yang dilakukan warga komplek Singgasana Perdana yang tergabung dalam Ikatan Warga Singgasana Pradana (Ikawarna). Mereka mendistribusikan bantuan beras untuk warga Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung.

Sekitar 1.944 warga mendapatkan beras masing-masing sebanyak 5 Kg. Ketua Umum Ikawarna, Erlof Hasibuan menyerahkan bantuan tersebut kepada RW di tiga Kelurahan yaitu Kel. Cibaduyut Wetan, Cibaduyut Raya, dan Mekar Wangi di Kecamatan Bojongloa Kidul.

“Total sumbangan beras dari warga sebanyak 20 ton lebih, yang akan didistribusikan ke 9 RW di tiga kelurahan di Kecamatan Bojongloa Kidul,” ujar Erlof di sela pembagian beras kepada warga di RW 4, Blok Pareman, Kelurahan Mekar Wangi, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Minggu (26/4/2020).

Sebelum pembagian beras ini, lanjut Erlof, pihaknya pun melakukan kegiatan sosial lainya di 9 RW yang berada di 3 kelurahan tersebut diantaranya melakukam Fogging untuk mengantisipasi DBD, Penyemprotan Disinfektan dan pembagian ribuan masker. Dan sekarang ada pembagian beras yang masing masing kk mendapat 5 kg beras.

“Ada 9 RW yang tersebar di tiga Keluarahan yaitu 2 RW di Kelurahan Mekarwangi, 4 RW di Kelurahan Cibaduyut Wetan dan 3 RW di Kelurahan Cibaduyut Raya. Dan totalnya ada 1,944 orang di tiga kelurahan itu yang mendapat paket bantuan berupa beras,” ujar Erlof.

“Warga komplek disini udunan sekira 500 ribu rupiah perorang, sehingga sudah terkumpul, perkumpulan warga pun membeli beras. Setelah terkumpul uang. Tadinya bantuan mau dalam bentuk uang, tapi saran dari ketua RW masing-masing mending dalam bentuk sembako. Jadi uang yang terkumpul digunakan untuk beras, terkumpul 20 ton lebih,” ia melanjutkan.

20 ton beras tersebut dibagikan dalam dua termin. Satu termin akan dibagikan menjelang Idul Fitri. ‎Bantuan diberikan pada warga yang terdampak penanganan Covid 19. Bantuan yang diberikan berupa beras, masing-masing kepala keluarga mendapat 5 kg beras.

Ditempat yang sama ketua RW 4 Blok Pareman, Gugun Gunawan mengatakan, sebanyak 75 kepala keluarha yang mendapatkan bantuan beras ini

“Sebanyak 75 KK yang menerima bantuan ini. yang mana ke 75 kk tersebut belum mendapat bantuan dari pemerintah karena terdampak penanganan Covid 19,” katanya..

Untuk data bantuan yang diajukan, kata dia, tercatat ada 200-an lebih penerima. Namun, tidak semua kebagian bantuan pemerintah. “Untuk mencukupi yang tidak kebagian, saya distribusikan bantuan dari para donatur,” ucap Gugun. ‎

Salah seorang warga Pareman, Asep Gurniwa, yang menerima bantuan, mengatakan, dirinya sangat terbantu dengan adanya pemberian tersebut. Pasalnya saat ini, di tempat ia tinggal, banyak yang kena pemutusan hubungan kerja, akibat dampak covid 19.

“Yah alhamdulilah dapat bantuan ini. Kita semua sekarang memang lagi susah, ini harus menjadi contoh dimana kita saling bantu membantu,” kata dia.

(muh)

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …