Pasien RSHS Bandung Sembuh Berjamaah, Positif Corona Ramai-ramai

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sampai dengan pekan ke enam sejak kasus pertama Covid-19 di Indonesia, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung merawat 62 orang pasien positif Covid-19. Para pasien ini masih dalam perawatan tim dokter RSHS Bandung dan dirawat di Ruang Isolasi Khusus Kemuning (RIKK).


Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSHS Bandung, Kamaruzzaman mengatakan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) per tanggal (16/04/2020) sejumlah 49 orang. Dari 49 pasien, ia mengungkap 18 diantaranya terkonfirmasi positif Covid-19.

“Hari ini (kemarin, red) ada penambahan PDP sebanyak 4 orang, sehingga jumlah keseluruhan ada 49 orang yang dirawat di RSHS Bandung,” katanya pada keterangannya, Kamis (16/04).

Ia mengungkap, 26 orang masih menunggu tes hasil swab dan yang terkonfirmasi negatif ada lima orang. Kamaruzzaman melanjutkan, PDP yang sembuh selama dalam perawatan tim RSHS Bandung berjumlah 78 orang. Dari yang sembuh ini, 19 orang positif dan 59 orang negatif terpapar Covid-19.

“Untuk PDP yang meninggal dunia sejak Senin sampai hari ini tidak terjadi penambahan, sehingga total PDP yang meninggal dunia di RSHS berjumlah 35 orang,” ungkapnya. Tanpa mengungkapkan jenis kelamin dan identitas diri, 18 orang diantaranya meninggal karena positif dan 2 orang negatif, sedangkan 15 orang masih menunggu hasil laboratorium.

Kamaruzzaman menyebut, pihaknya sudah memindahkan sebagian pasien di RSHS Bandung ke Gedung BPSDM Jawa Barat. Gedung yang berada di Jalan Kolonel Masturi No.11, Kota Cimahi, itu dijadikan pusat isolasi mandiri sebagai langkah preventif sekaligus rehabilitatif dalam proses perawatan orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) tanpa gejala.

Sebanyak tujuh pasien dipindahkan ke Gedung BPSDM untuk isolasi mandi. Sehingga total pasien yang dialih rawatkan sebanyak 11 orang.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) RSHS Bandung, Kamaruzzaman mengatakan jumlah orang yang dirawat sebanyak 367 orang. Katanya, dua orang baru datang dengan gejala mirip Covid-19. “Jumlah keseluruhan khusus PDP yang dirawat hingga hari ini di RSHS berjumlah 169 orang. Dari 169 yang terkonfirmasi positif berjumlah 62 orang,” tandasnya.

(fid)

Loading...

loading...

Feeds