Nusantara TFRIC-19, Alat Pendeteksi Covid-19 Buatan Indonesia Segera Diproduksi Massal

POJOKBANDUNG.com – Indonesia siap memproduksi massal alat pendeteksi virus Corona secara akurat buatan negeri sendiri dengan nama Nusantara TFRIC-19. Hal itu setelah Prototipe test kit qPCR virus corona atau Covid-19 rampung dibuat yang merupakan proyek dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).


Prototipe ini kemudian dikembangkan oleh Nusantics dan instansi lainnya sebagai bagian dari Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC19).

BACA JUGA: Waspada! Anak-anak Bisa Jadi Pembawa Corona tanpa Gejala

“Kami melakukan uji akurasi dan validasi prototipe terhadap strain Asia. Hasilnya, prototipe ini bisa mengidentifikasi strain Covid-19, yang berdasarkan data sudah mirip dengan prediksi mutasi strain indonesia,” ujar Chief Technology Officer Nusantics Revata dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu (5/4/2020).

Revata mengatakan, prototipe bernama Nusantara TFRIC-19 ini didesain menggunakan data genomic virus SARS-CoV-2 alias virus corona yang menyebar di Asia. Pada tahap pertama, Nusantics melakukan analisis bioinformatika dengan mencocokkan (alignment) sekuens genetika virus yang mewabah di Asia, untuk memilih gen sasaran.

Dari analisis bioinformatika, Nusantics memutuskan untuk mendesain prototipe yang menyasar dua gen virus corona yaitu Gen RdRP (yang menghasilkan enzim untuk mereplikaksi virus saat menginfeksi sel manusia) dan Gen N (yang melindungi inti RNA virus).

Loading...

loading...

Feeds

New Normal, Ini Manfaat Sistem HRIS bagi Perusahaan

POJOKBANDUNG.com–BELAKANGAN pemerintah Indonesia mulai mempersiapkan pemberlakuan aktivitas new normal pasca PSBB.  New normal sendiri adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan …