Pendonor Sehat Ramai-ramai Karantina, PMI Kab. Bandung Kesulitan Cari Darah

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di tengah wabah virus corona (covid-19) yang terus meluas, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bandung saat ini mulai mengalami kekurangan stok darah.


Kepala Harian PMI Kabupaten Bandung Weny menyebutkan stok darah yang dimiliki jajarannya untuk jenis PRC (Packed Red Cell) golongan darah A 1 labu dan B 18 labu.

“Sementara untuk ketersedian PRC (darah yang paling sering ditransfusikan) golongan darah jenis O dan AB kosong,” ungkap Weny saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (2/4)

Untuk jenis TC (Thrombocyte Concentrates) berfungsi dalam menghentikan pendarahan, lanjut Weny, tersisa 3 labu untuk golongan darah B, kemudian 2 labu untuk golongan O.

“Jenis TC untuk golongan A dan AB kosong. Lalu jenis FFP (Fresh Frozen Plasma) tersisa 29 labu golongan A, 19 labu golongan B, 21 labu O, dan 16 labu golongan AB,” tuturnya.

Weny pun mengajak semua masyrakat untuk tetap berdonor darah ditengah pemerintah gencar dan memasifkan berbagai program melakukan penanganan paparan covid-19.

(rmo)

Loading...

loading...

Feeds