Ridwan Kamil: Warga Jabar yang Bekerja di Jakarta Jangan Mudik

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Warga Jawa Barat (Jabar) yang tinggal atau bekerja di Jakarta tak mendapat restu untuk mudik atau pulang kampung untuk sementara waktu oleh Gunernur Jabar Ridwan Kamil. Mereka berpotensi sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) mengingat Jakarta sebagai sumber pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia.


“Saya imbau semua warga yang bekerja di Jakarta untuk tidak mudik,” kata Emil, sapaan akrabnya, dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Jalan Otista, Kota Bandung, Selasa (24/3/2020).

Menurut Emil, sumber pandemi di Indonesia itu mayoritas ada di Jakarta. Kalau warga Jabar pulang sebelum rapid tes dilaksanakan lebih berpotensi sebagai ODP.

“Karena punya potensi dihitung datang dari sebuah wilayah yang tingkat sebarannya banyak yang masuk kategori diwaspadai,” ucapnya.

Emil mengaku mendapat laporan di Kabupaten Sumedang di mana banyak warga yang bekerja di Jakarta memilih pulang kampung. Akibatnya jumlah ODP pun melonjak drastis.

“Contohnya di Sumedang sebelum ada pengumuman kerja di rumah yang ODP hanya dua orang sekarang sudah lebih dari 300 dan Pak Bupati melaporkan mereka adalah orang Sumedang yang tinggal bekerja di Jakarta tiba-tiba mudik ke kampung masing-masing,” ungkap Emil.

Dengan demikian, Emil kembali mengingatkan agar warga Jabar yang bekerja atau tinggal di Jakarta untuk sementara waktu tak mudik untuk mencegah potensi penyebaran wabah Covid-19.

“Sekali lagi saya imbau jangan ada mudik dulu kita tinggal tetap di wilayau masing-masing untuk menjaga penyebaran yang terlalu besar,” tandas Emil.

“Bahkan ada hadis nabi yang menyampaikan jika ada wabah di suatu tempat sebaiknya tak pergi ke mana-mana atau jangan mendatangi dan keluar dari tempat itu.”

“Mohon kepada kita yang mempercayai keyakinan itu agar bijak untuk keluar dari Jakarta dan tetap tinggal sampai kondusif,” pungkasnya.

(apt/bbs)

 

 

 

Loading...

loading...

Feeds

Kejari Resmi Tahan Vicky Prasetyo

Presenter Vicky Prasetyo resmi ditahan oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan pada Selasa (7/7). Vicky Prasetyo yang menjadi tersangka kasus pencemaran …