Turunkan Maklumat di Masjid Raya, Ketua Formasi Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ormas Formasi meminta maaf karena sempat melakukan aksi menurunkan spanduk maklumat pembatasan aktivitas di Masid Raya Bandung berkaitan dengan pencegahan wabah virus corona.


Aksi penurunan spanduk tersebut terjadi pada Jumat(20/3/2020) lalu dan sempat menghiasi media sosial. Sehari kemudian, Ketua Ormas Formasi Encep Saepudin menyampaikan permintaan maaf.

“Maka dari itu kami di sini tidak merasa benar dan memohon maaf atas kekhilafan kami atas kejadian kemarin,” kata dia di Aula Kesbangpol Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung.

Ia mengaku tidak ada niatan melawan hukum maupun kebijakan pemerintah yang ditetapkan. Semua aksinya didasarkan pada spontanitas dan terjadi kesalahpahaman.

Ia mengaku siap berkomunikasi dengan Forkopimda Kota Bandung dan Jawa Barat dalam rangka antisipasi lebih lanjut terhadap penyebaran Covid 19.

Perwakilan dari MUI Kota Bandung K.H Maftuh kholil berpendapat‎ virus corona ini bukan hanya mengancam jiwa saja namun pendidikan, ekonomi dan ibadah. “Masjid Istiqlal Jakarta juga sudah dilakukan penutupan termasuk masjid-masjid besar lainnya semisal Masjid Raya Bandung,” katanya.

Menurut Maftuh ‎penutupan ini tidak hanya di masjid-masjid saja. Tempat ibadah lainnya pun sudah ditutup di Kota Bandung. “Contohnya dari Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Kota Bandung yang sudah melakukan imbauan untuk menghentikan kegiatan ibadah di gereja,” katanya.

Bahkan berdasarkan ilmu pengetahuan agama yang dimiliki Maftuh jika disuatu daerah terdapat wabah penyakit kita jangan mendatangi daerah tersebut.

“Hanya saja karena jemaahnya banyak dari luar maka dikhawatirkan adanya penyebaran virus tersebut di masjid,” katanya.

Kasubidit Sosial Budaya Ditintelkam Polda Jabar Ajun Komisaris Besar Polisi Haeruman menyatakan Kesbangpol Kota Bandung jangan hanya memikirkan penutupan sarana ibadah saja. Namun bidang pariwisata atau tempat hiburan serta mal diminta ditutup seperti di DKI Jakarta.

Kebijakan ini harus disosialisasikan dengan baik agar masyarakat juga jelas ini kan demi kebaikan. Bukan hanya untuk umat tertentu saja tetapi untuk seluruh umat manusia, khususnya yang ada di Kota Bandung.

Pada kesempatan‎ tersebut hadir beberapa pihak terkait semisal Kasat Intelkam Polrestabes Bandung AKBP M. Tatang, Danramil setempat, Pasintel Kodim 0618/BS, dan Kabid Kewaspadaan Nasional Kesbangpol Tatang. Sementara dari Ormas Formasi hadir pula Pepen dan Edi Banda.

(muh)

Loading...

loading...

Feeds