Siapkan 1.165 Kader untuk Pendataan Penduduk

Petugas saat sedang menjelaskan disela pendataan keluarga.

Petugas saat sedang menjelaskan disela pendataan keluarga.

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pendataan Keluarga (PK) di Kota Cimahi tahun 2020 oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) setiap lima tahun akan dimulai Juni mendatang. Sebanyak 1.165 kader pendataan disiapkan untuk melakukan pendataan penduduk tersebut.


Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana pada Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A), Rosi Desrita menjelaskan, ribuan kader yang bertugas mendata seluruh penduduk di Kota Cimahi merupakan hasil pemetaan tahun 2019 dan sudah diserahkan kepada

“Kader pendataan sudah disampaikan ke BKKBN, berdasarkan hasil pemetaan tahun 2019,” kata saat ditemui di Pemkot Cimahi, Kamis (19/3/2020).

Rosi menyebutkan, sebanyak 465 kader nantinya akan bertugas mendata di wilayah Kecamatan Cimahi Selatan, sebanyak 383 kader di wilayah Kecamatan Cimahi Tengah dan 317 bertugas di wilayah Kecamatan Cimahi Utara.

Rosi menjelaskan, PK dilakukan setiap lima tahun sekali oleh pemerintah daerah bersama masyarakat secara serentak sesuai amanat Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, serta Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014 tentang Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana dan Sistem Informasi Keluarga.

PK akan menghasilkan data keluarga by name by address yang menjadi sasaran intervensi program yang akan ditelusuri dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan hingga RT/RW. “Basis data tersebut akan menghasilkan profil PUS, keluarga dengan balita, keluarga dengan remaja hingga keluarga dengan lansia. Terakhir 2015 sekarang pendataan penduduk 2020,” ucap Rosi.

Meski PK dilakukan lima tahun sekali, terang Rosi, pihaknya setiap tahun rutin melakukan pendataan dengan kader-kader pos KB. Berdasarkan pendataan tahun lalu, jumlah KK di 15 kelurahan dengan tiga kecamatan se-Kota Cimahi mencapai 158.590 KK.

“Sedangkan jumlah jiwa yang terdata mencapai 526.896 orang, jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) mencapai 92.399 pasangan dan jumlah peserta KB aktif yang terdata mencapai 72.897 pasangan,” ungkapnya.

Rosi melanjutkan, sebelum dilakukan PK Juni nanti, pihak BKKBN akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu April mendatang terhadap para kader pendataan dari mulai kota, kecamatan hingga kelurahan. Pendataan nantinya akan menggunakan dua cara, yakni cara online by aplikasi dan cara manual oleh kader pendataan yang sudah disiapkan.

“Kebanyakan kita akan menggunakan aplikasi atau online di 12 kelurahan, tiga kelurahan lagi pakai manual,” tandasnya.

(bie/b)

Loading...

loading...

Feeds

Tarif PPh Turun, WP Diimbau Segera Lapor SPT

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA–Sesuai Perppu 1 Tahun 2020 pemerintah telah menurunkan tarif pajak penghasilan badan dari sebelumnya sebesar 25 persen menjadi 22 …