Update Corona: 134 Terinfeksi, 8 Sembuh, 5 Meninggal Dunia

Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung akan memantau pasien seorang warga asal Kabupaten Bandung yang menjadi pasien suspect terduga virus corona. (dok. Jawa Pos)

Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung akan memantau pasien seorang warga asal Kabupaten Bandung yang menjadi pasien suspect terduga virus corona. (dok. Jawa Pos)

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Pemerintah kembali mengumumkan jumlah tambahan pasien yang dinyatakan positif tertular virus corona pada Senin (16/3/2020).


Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan, ada penambahan 17 pasien baru yang positif menderita Covid-19.

“Berdasarkan data yang kita periksa hari ini hingga tadi siang dari spesimen yang kita terima sejak kemarin sore hingga siang tadi, ada penambahan kasus sebanyak 17 confirmed positif,” tandas Yuri dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Secara rinci, Yuri mengungkapkan ke-17 pasien masing-masing berasal dari DKI Jakarta (14 pasien), Jawa Barat (1 pasien), Banten (1 pasien) dan Jawa Tengah (1 pasien).

Delapan pasien sembuh

Yuri melanjutkan, dari 134 pasien penderita Covid-19 itu, 8 pasien telah dinyatakan sembuh.

Adapun tiga pasien pertama yang dinyatakan sembuh adalah pasien kasus 6, kasus 14, dan kasus 19.

Kemudian, dua pasien Covid-19 kembali dinyatakan sembuh. Dua pasien tersebut merupakan pasien kasus 1 dan kasus 3.

Terbaru, pada Sabtu (14/3/2020) sore, Yuri menyebutkan ada 3 lagi pasien yang sembuh. Tapi, dia tidak menyebutkan pasien kasus nomor berapa.

Yuri mengatakan, pasien yang sembuh itu tak lagi mengalami keluhan fisik, seperti demam, batuk, atau gangguan pernapasan.

Dia memastikan, tim medis telah memeriksa spesimen pasien sebanyak dua kali dan tes di laboratorium menunjukkan negatif Covid-19 MN.

Lima pasien meninggal dunia

Selanjutnya, dari 134 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, 5 orang di antaranya meninggal dunia.

Adapun kasus pasien meninggal dunia akibat virus corona di Indonesia pertama kali diumumkan pada 11 Maret lalu.

Kasus kematian pertama ini dialami oleh pasien kasus 25.

Kemudian, tiga pasien lain yang meninggal diumumkan pada Jumat (13/3/2020). Pasien yang meninggal merupakan pasien kasus 35, 36, dan 50.

Terbaru, Yuri mengumumkan bahwa pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di Indonesia menjadi lima orang per Sabtu (14/3/2020) sore.

Dari semua kasus kematian akibat virus corona tersebut, salah satunya merupakan petugas medis yang meninggal pada Jumat (13/3/2020).

Namun, Yuri tidak mengungkapkan nomor kasus yang berstatus sebagai tenaga medis tersebut.

Lebih dari 1.000 spesimen diperiksa

Yuri menambahkan hingga Senin (16/3/2020) pihaknya telah memeriksa 1.230 spesimen.

Adapun jumlah spesimen yang dinyatakan negatif Covid-19 tercatat sebanyak 1.083.

“Yang masih proses pemeriksaan ada 13,” tuturnya.

(bbs)

Loading...

loading...

Feeds