Cerita Kehilangan di Film Generasi 90an: Melankolia

BERFOTO : Pemeran film Melankolia yang diadaptasi dari buku Generasi 90an karya Marchella FP berfoto usai konferensi pers.

BERFOTO : Pemeran film Melankolia yang diadaptasi dari buku Generasi 90an karya Marchella FP berfoto usai konferensi pers.

POJOKBANDUNG.com, SETELAH buku Nanti Kita Cerita Hari Ini (NKCTHI), giliran buku Generasi 90an karya Marchella FP yang diadaptasi menjadi sebuah film. Film Generasi 90an Melankolia siap tayang di bioskop pada 9 April. Garapan sutradara Irfan Ramly ini menayangkan jalan cerita drama keluarga yang menguras air mata.


Selain diadaptasi dari buku, film ini juga terinspirasi dari tiga lagu Indonesia di era 1990-an. Bagi Irfan Ramly, film Generasi 90an Melankolis menjadi film panjang pertamanya. Sebelumnya, Irfan banyak membantu Angga Sasongko menulis berbagai skenario film, antara lain Cahaya Dari Timur: Beta Maluku, Filosofi Kopi 2, dan Surat Dari Praha.

Irfan mengatakan, film Generasi 90an Melankolia mengusung cerita tentang kehilangan atas orang yang dikasihi. Baik itu sebagai anak, saudara, kekasih, orangtua, dan sahabat. Katanya, setiap orang pernah mengalami kehilangan yang cukup mendalam atas orang yang dicintai.

“Satu-satunya cara menghadapi kehilangan adalah mengikhlaskan. Hal-hal seperti itu yang mau dibicarakan di film ini,” katanya melalui keterangan tertulis, Minggu (15/03/2020).

Irfan yang juga menulis skenario film Generasi 90an Melankolia menyebutkan, kisah dalam film ini terinspirasi dari lagu-lagu tenar di tahun 90 sampai awal 2000-an. Lagu tersebut diantaranya Sephia dari Sheila On 7, Begitu Indah dari Padi, dan Cintakan Membawamu Kembali dari Dewa 19.

Untuk film ini, Visinema Pictures selaku rumah produksi kembali menggandeng aktor muda Ari Irham. Sebelumnya Ari pernah bermain untuk film Terlalu Tampan. Dari sisi genre dan karakter, film ini jauh berbeda dibandingkan film Terlalu Tampan yang diadaptasi dari webtoon.

Katanya, Ari menyadari ada tantangan yang begitu besar ketika bermain untuk film Generasi 90an Melankolia. “Aku mikirnya mau sampai kapan berada di zona nyaman. Kalau tetap di situ saja namanya bukan tantangan,” kata Ari yang berperan sebagai Abby.

Di film ini, Ari beradu akting dengan Taskya Namya, pemeran Sephia. Karakter Sephia adalah kakak Abby yang hilang dalam kecelakaan. Taskya menyebut, skenario yang memikat berhasil membuat dia tertarik ikut bermain.

“Pas baca sinopsis, premis, dan ceritanya, aku jatuh cinta banget. Film ini tentang kehilangan orang yang tergantikan, tapi ada rasa yang membuatku sangat dekat dengan kehidupan pribadi,” ucapnya.

Film Generasi 90an: Melankolia bercerita tentang Abby (Ari Irham), anak muda yang sedang mencari jati diri dan selalu menjadikan kakaknya, Indah (Aghniny Haque), sebagai sosok yang ia kagumi. Tiba-tiba, Abby harus menerima kenyataan bahwa kakaknya hilang dalam sebuah kecelakaan pesawat.

Di dalam kesedihannya, ia menemukan Sephia (Taskya Namya), sahabat kakaknya sebagai sosok pengganti Indah. Namun, benarkah kehadiran Sephia bisa membantu Abby mengikhlaskan kakaknya atau justru membuat Abby kehilangan dirinya.

Selain diperankan banyak aktor muda, film ini juga menghadirkan aktor hit di tahun 90an seperti Gunawan, Marcella Zalianty, Frans Mohede, dan Amara Mohede.

(fid)

 

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …