Dinas Perhubungan Akan Tertibkan Jukir

Sejumlah sepeda motor terparkir di samping mesin parkir di kawasan Jalan Braga, Kota Bandung, Senin (13/1/2020).

Sejumlah sepeda motor terparkir di samping mesin parkir di kawasan Jalan Braga, Kota Bandung, Senin (13/1/2020).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menilai, kesemerawutan parkir di pinggir jalan disebabkan kurangnya kesadaran pengendara.


“Kalau masyarakat sudah paham bahwa parkir on street adalah sebuah pelanggaran, dan bisa menimbulkan kemacetan, mereka pasti tidak akan melakukan pelanggaran tersebut,” ujar Kepala Bidang Menejemen Transportasi dan Parkir Dishub Kota Bandung, Khairul Rizal, kepada wartawan, Kamis (12/3/2020).

Rizal mengatakan, sekarang ini kecenderungan pengendara mobil dan motor enggan parkir agak jauh dari tempat tujuan dan jalan sedikit.
Padahal, lanjut Rizal, jika mereka mau membiasakan untuk berjalan, selain bagus untuk kesehatan, juga baik untuk penataan kota.

“Jadi sekarang, orang-orang inginnya parkir tepat di depan tempat tujuan,” tambahannya.

Untuk itu, Rizal mengatakan, pihaknya tengah mencari kemungkinan untuk mencari lahan parkir add street yang dapat digunakan. Yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan pusat keramaian.

“Seperti misalnya gedung-gedung di Jalan Braga, para pengelola parkirnya tidak keberatan untuk menyediakan lahan parkir. Apalagi kan sekarang trotoar di Jalan Braga sudah bagus, sehingga nyaman dipakai untuk berjalan kaki,” jelas Rizal.

Pada kesempatan ini, Rizal menekankan, bahwa pihaknya melakukan penertiban dan denda parkir, bukan untuk menyulitkan warga Kota Bandung. Melainkan untuk menertibkan dan membuat semua pihak nyaman.

“Kesemerawutan parkir on street ini, salah satunya terasa di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista). Penataan di Otista disesuaikan dengan marka jalan. Jadi tidak semua ruas jalan bisa digunakan untuk parkir. Semua bergantung marka yang tertera di sana,” tambah Rizal.

Halnya dengan para juru parkir (jukir), Rizal mengatakan mereka juga akan ditertibkan. Rizal mengaku akan mencarikan solusi untuk para juru parkir tersebut.

“Kita coba lakukan pembinaan,” jelasnya.

Rizal yakin, sebenarnya, warga Kota Bandung sebenarnya baik. Namun memang perlu diberi stimulan untuk kembali ke jalan yang benar, sehingga tidak melakukan pelanggaran lagi. Terkait ketersediaan tempat parkir, Rizal meminta kerjasama para pengelola lahan parkir. Agar bisa memberikan fasilitas demi kenyamanan pengendara. Misalnya dengan membuat sign board, untuk pengemudi yang mencari tempat parkir.

“Terutama untuk mereka yang memiliki lahan parkir yang luas harus memiliki sign board. Sehingga, orang yang mencari parkir bisa tahu, apakah masih ada slot untuk parkir apa tidak. Jika sudah tidak ada slot, maka mereka tidak harus antre mencari lahan parkir,” papar nya.

Selain itu, Rizal mengatakan, pihaknya akan membuat aplikasi yang untuk memudahkan mencari tahu, apakah di sebuah gedung atau mall ada slot parkir atau tidak.

“Jadi, sebelum datang ke mall tersebut, kita sudah tahu apakah di sana ada tempat parkir atau tidak. Namun semua masih dalam tahap kajian,” pungkasnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …