Wisata Jabar Terpuruk karena Covid-19, Solusinya Ada Hiburan Tambahan

wisatwan lokal mengjunjungi TWA Tangkubanparahu.

wisatwan lokal mengjunjungi TWA Tangkubanparahu.

POJOKBANDUNG.com PADALARANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara (Wisnus) ke daerahnya.


Hal tersebut menyusul berkurangnya kunjungan wisatawan mancanegara lantaran merebaknya virus Covid-19 di Indonesia.

Kepala Disbudpar Jabar, Dede Taufik mengatakan, sejauh ini kunjungan wisman (Wisata Mancanegara) memang mengalami penurunan khususnya di Jawa Barat.

“Penurunan itu terjadi pasca wilayah Jabar ditetapkan siaga satu wabah virus corona (COVID-19), okupansi menurun hingga 5 persen,” kata Dedi Taufik saat ditemui di Mason Pine, Padalarang, Rabu (11/3/2020).

BACA JUGA : Di Tengah Wabah Corona, Pemprov Jabar Jaga Geliat Perekonomian di Sektor Pariwisata

Dedi menyebut, beberapa negara memang memberlakukan larangan berkunjung ke negara yang terdampak virus Covid-19. Hal itu dilakukan guna mengurangi semakin bertambahnya resiko penularan.

“Seperti Itali, Saudi Arabia juga, apalagi Cina memberlakukan larangan tersebut,” katanya.

Pemprov Jabar, kata Dedi, tengah menyiapkan strategi untuk memaksimalkan kunjungan wisatawan lokal. Salah satunya adalah dengan memberikan hiburan tambahan bagi pengunjung yang datang.

“Misalkan memuat beberapa atraksi atau festival yang ada di kabupaten kota. Supaya menggeliatkan keberminatan pengunjung,”jelasnya.

Dedi mengimbau agar pengelola menyiapkan alat pengukur suhu tubuh bagi pengunjung yang datang. Hal itu merupakan tersebut merupakan langkah pencegahan yang efektif.

“Terutama dari Dinkes Daerah harus punya alat pendeteksi suhu tubuh berapa derajat dan sebagainya,”pungkasnya.

(kro)

Loading...

loading...

Feeds

24 Preman Tanjung Priok Digaruk Polisi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Jajaran Satuan Reserse Polres Metro Jakarta Utara menangkap 24 preman yang kerap melakukan pungutan liar (pungli) di …