Peran BPJS SATU! Siap Berikan Informasi di Rumah Sakit

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI– Untuk memberikan kemudahan pada peserta JKN-KIS untuk mendapatkan informasi tambahan di rumah sakit, BPJS Kesehatan terus menghadirkan berbagai macam inovasinya, salah satunya dengan mengoptimalkan petuga BPJS SATU!. Dengan adanya petugas BPJS SATU!, diharapkan mampu untuk mengakomodir segala kebutuhan peserta JKN-KIS yang sedang berobat di rumah sakit.


Dalam menjalankan tugasnya, petugas BPJS SATU! tidak hanya berdiam menunggu pasien di balik meja kerjanya, namun petugas yang mengenakan rompi kuning itu selalu berkeliling di area rumah sakit maupun loket informasi. Petugas BPJS SATU! juga rutin melakukan kunjungan terhadap pasien rawat inap mulai dari kelas 3 sampai kelas 1, dari dewasa sampai anak-anak.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Sugeng Susilo menyatakan kunjungan rutin tersebut selain untuk mempermudah informasi bagi peserta juga untuk penyampaian pengaduan atau keluhan terkait pelayanan dari rumah sakit di setiap kamar rawat inap.

“Petugas BPJS SATU! berkeliling selain dirawat jalan juga ke setiap kamar di rawat inap yang diarahkan oleh perawat rumah sakit. Selain menanyakan pelayanan rumah sakit, petugas BPJS SATU! siap siaga dalam pemberian informasi terkait alur pelayanan JKN-KIS maupun pengaduan. Semua itu dilakukan guna untuk membantu peserta secara cepat dan memberikan solusi dengan tepat kepada peserta apabila mengalami kendala ataupun kesusahan dalam berobat,” ujarnya (06/03/2020).

Salah satu pasien dan peserta JKN-KIS yang sedang dirawat di Rumah Sakit Kasih Bunda Cimahi, Dewi Kusuma mengungkapkan kemudahan yang didapati dari layanan BPJS SATU! tersebut. Ia mengaku dengan adanya kunjungan tersebut, ia merasa BPJS Kesehatan lebih berkomitmen memastikan pelayanan yang didapat pasien atau peserta JKN-KIS.

“Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi pasien dan keluarga pasien peserta JKN-KIS seperti kami dalam mendapatkan informasi atau pengaduan keluhan. Kadang kita juga masih bingung soal alur dan pelayanan di Rumah Sakit, atau bingung mau mengadu dimana. Dan petugas BPJS SATU! ini sigap terhadap semua permasalahan itu,” ujar Dewi saat ditemui.

Selain informasi dan pengaduan, tak lupa petugas BPJS SATU! juga selalu mengedukasi peserta agar mengunduh aplikasi Mobile JKN di playstore dan appstore untuk mendapatkan berbagai kemudahan dan manfaat serta informasi dalam mengurus berbagai keperluan terkait kepesertaan JKN-KIS.

(BS/dh)

Loading...

loading...

Feeds

PTM Terbatas Harus Fokus pada Hal Esensial

POJOKBANDUNG.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas perlu berfokus pada hal …