RSUD Subang Siaga Virus Corona

Bupati Subang Ruhimat (tengah) saat mengecek langsung kesiapan ruang isolasi di RSUD Subang, Rabu (3/3/2020).

Bupati Subang Ruhimat (tengah) saat mengecek langsung kesiapan ruang isolasi di RSUD Subang, Rabu (3/3/2020).

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Meski belum ditemukan adanya korban terjangkit virus Corona, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Subang telah menyiapkan tim medis yang mampu menangani pasien jika memang ada yang terkonfirmasi terjangkit virus corona termasuk fasilitas medis medis yang dibutuhkan.


Diketahui, RSUD Subang merupakan salah satu rumah sakit yang ditunjuk sebagai salah satu penerima rujukan pasien suspect (terduga) corona.

Dua ruang isolasi berkapasitas empat orang sudah disiapakn RSUD Subang termasuk 30 orang tenaga medis bila ada pasien rujukan terjangkit corona. Langkah antisipasi ini sebagai sikap respons pemkab Subang menghadapi ancaman virus mematikan Corona.

“Kita punya dua ruangan isolasi, untuk menampung  4 pasien, termasuk tim medisnya,” kata Direktur RSUD Subang, dr. Agus Sofyan.

Tim secara keseluruhan berjumlah 30 orang tenaga medis, termasuk tenaga dokter. Dokter terdiri dari berbagai disiplin ilmu kedokteran dan selama di ruangan harus memakai pakaian khusus ala astronot.

Anggota tim secara keseluruhan telah menggelar simulasi dari penerimaan pasien hingga penanganannya. Simulasi guna menyiapkan sebuah perlakuan khusus penanganan bagi pasien suspect (terduga) corona

“Saya minta masyarakat tidak panik dan beraktifitas seperti biasa, banyak berdoa kepada Alloh SWT, agar kita semua terhidar dari musibah ini,” ucapnya.

Bupati Subang Ruhimat menilai, persiapan RSUD Subang sudah cukup baik, termasuk dari sumber daya medis mulai dari standar operasional prosedur dokter, peralatan, hingga ruang isolasi.

“Langkah antisipasi ini sebagai sikap respons pemkab Subang terkait dengan penyebaran virus corona (covid -19). Alhamdulillah, untuk di RSUD ini baik dari sisi peralatan, tenaga medis, dan ruang isolasi semuanya sudah siap jika terjadi sesuatu luar biasa terkait virus corona,” kata Kang Jimat sapaan akarbnya saat mengecek langsung kesiapan ruang isolasi di RSUD Subang, Rabu (3/3/2020)

Selain mengecek kesiapan tenaga medis, peralatan, dan ruang isolasi, ia juga melakukan dialog dengan warga yang tengah berobat di RSUD Ciereng.

Ia juga mengimbau masyarakat menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi.

“Saya berharap untuk Subang tidak ada warga yang terdampak virus corona. Namun tetap kita harus waspada, karena tenaga medis dan alat penunjangnya sebagai salah satu upaya ikhtiar kita untuk mengantisipasinya,” ucapnya.

(anr/b).

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …