Isuzu Gencarkan Layanan Purna Jual

Area Service Head Isuzu Achmad Taufiq (kanan) sedang memberikan penjelasan kepada  Kepala Seksi Sarana Prasarana dan Management Aset Perum Perhutani Divisi Regional Jabar dan Banten Suparlan (kedua dari kanan), saat kendaraan service Isuzu melakukan perawatan berkala di halaman kantor Perhutani Bandung, Senin (2/3/2020).

Area Service Head Isuzu Achmad Taufiq (kanan) sedang memberikan penjelasan kepada  Kepala Seksi Sarana Prasarana dan Management Aset Perum Perhutani Divisi Regional Jabar dan Banten Suparlan (kedua dari kanan), saat kendaraan service Isuzu melakukan perawatan berkala di halaman kantor Perhutani Bandung, Senin (2/3/2020).

Layanan Purna Jual Isuzu


  • Health report kendaraan konsumen untuk produk :

*Giga

*D-Max

* MU-X

– Layanan seperti “rekam medis” kendaraan ini bisa digunakan konsumen untuk : *Mengukur kinerja pengemudi mereka

*Menekan penggunaan BBM

*Menghasilkan kendaraan tetap prima

 POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Layanan purna jual Isuzu menjadi salah satu daya tarik konsumen untuk memakai kendaraan Isuzu dibanding merek lain. Hal ini terjadi karena kualitas layanan purna jual Isuzu sangat lengkap.

Hal itu diakui salah satu konsumen korporasi Izuzu, Indra Sastrawat, Kepala Cabang Area Sumatera, Banten, Jakarta, dan Jawa Barat PT Bumi Jasa Utama (BJU) kepada wartawan di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Indra mengatakan, perusahaan rental mobil itu sudah lama memiliki sejumlah kendaraan Isuzu seperti NMR 71, ELF, dan yang terbaru adalah MU-X. Ia menjelaskan, sejauh ini tidak pernah ada masalah berarti dengan layanan purna jual mobil Isuzu.

“Keunggulan lainnya, spare part fast moving lumayan banyak tersedia dan mudah diperoleh,” kata dia. Jadi, tak hanya produk yang andal, layanan purna jual Isuzu juga maksimal.

Diakui, selama ini keunggulan yang dikenal konsumen dari sisi produk. Menurut dia, mesin mobil Isuzu bandel, walaupun lewat jangka waktu perawatan, tetapi mesin masih baik.

Mobil Isuzu dikenal dengan kendaraan yang hemat bahan bakar minyak (BBM), andal, dan tahan lama. Hal itu jugalah yang menjadi alasan banyak konsumen menyewa Isuzu ke PT BJU sebagai kendaraan operasional mereka.

Indra menambahkan, khusus MU-X, pihaknya menyewakan ke Perhutani sejak pertengahan tahun lalu. Dari total 70 unit yang disewakan ke Perhutani, sebanyak 18 unit digunakan Perhutani Divre Jabar dan Banten untuk kendaraan operasional di hutan-hutan mereka.

“MU-X dipilih karena sesuai spesifikasi yang mereka minta, harga yang efisien dan efisien juga dalam penggunaan BBM,” papar Indra.

Ia menjelaskan, khusus di Kota Bandung, pihaknya menyiapkan dua mekanik yang siap melayani perawatan MU-X yang disewa Perhutani. Sedangkan untuk kendaraan-kendaraan yang berada di sejumlah daerah di luar perkotaan, perawatan diserahkan ke bengkel resmi Isuzu. Selama ini, kata dia, layanan servis dari Isuzu juga tidak pernah bermasalah. Ketersediaan suku cadang juga selalu mencukupi.

Secara terpisah, Kepala Seksi Sarana Prasarana dan Manajemen Aset Perhutani Divre Jabar dan Banten Suparlan sebagai salah satu pengguna mobil Isuzu MU-X  mengakui, tidak ada kendala berarti yang dialami.

Suparlan menyebutkan,  saat ini mereka menggunakan 18 unit MU-X yang disewa dari PT BJU. “Mobil ini andal dan semuanya dirawat dengan rutin di bengkel Isuzu. Tiap masuk ke diler Isuzu, selalu dilayani dengan baik. Jadi, tidak ada keluhan,” ujar Suparlan.

Diakui, pihaknya puas menggunakan mobil Isuzu MU-X. Soalnya, tambah dia, mobil itu sangat hemat BBM dan andal bisa digunakan di berbagai medan, terutama memasuki hutan-hutan yang dikelola Perhutani bermedan ekstrem.

Suparlan menjelaskan, areal operasi Perhutani Jabar dan Banten sekitar 450 ribu hektare dan jalannya sangat ekstrem. Karena itu, pihaknya membutuhkan mobil yang tangguh dan nyaman untuk  bisa menjangkau daerah operasional mereka. Apalagi, rata-rata mobil itu beroperasi sekitar 300-400 kilometer per hari.

Hal itu juga diakui oleh Marwa Hidayat, pengemudi MU-X untuk Kepala Pemangkuan Hutan Wilayah (KPHW) 3 Bandung. Ia mengatakan, MU-X unggul di sisi kenyamanan dan suspensinya yang lembut. “Keunggulan lainnya, mobil itu bisa mengonsumsi berbagai jenis solar,” kata Marwa.

Di sisi lain, After Sales Service Division Head PT Astra International-Isuzu (Astra Isuzu) Heri Wasesa menjelaskan, layanan purna jual menjadi salah satu perhatian serius Astra Isuzu.

“Soalnya, ketika berbicara after sales, jadi kunci penting. Mobil konsumen tidak boleh diam. Kami ingin meminimalkan mobil itu berada di bengkel. Kalau kita bisa memberi jaminan break time kecil, tentu konsumen akan memilih kendaraan itu,” papar dia. Ia menjelaskan, Astra Isuzu memiliki keunggulan di jaringan bengkel yang lengkap dengan data base terintegrasi antarbengkel.

Pihaknya juga memperkuat ketersediaan suku cadang dan mekanik di sejumlah area terpencil. Khusus fleet customer atau konsumen perusahaan, Astra Isuzu mempunyai program yang tidak dimiliki kompetitor lain yakni layanan On Time in Full (OTIF).

Heri mengatakan, Isuzu menjamin ketersediaan suku cadang diterima konsumen paling lambat 1×24 jam (Jabodetabek) atau 2×24 jam (Surabaya dan sekitarnya) sejak informasi diterima. “Jika target tidak tercapai, customer akan menerima kompensasi free spare part yang dipesan,” ujar Heri.

Layanan purna jual yang juga tidak dimiliki kompetitor adalah layanan health report kendaraan konsumen. Ini untuk produk Giga, D-Max, dan juga MU-X. Layanan seperti “rekam medis” kendaraan ini bisa digunakan konsumen untuk mengukur kinerja pengemudi mereka, termasuk menekan penggunaan BBM, dan menghasilkan kendaraan tetap prima. “Di layanan ini ada driving patern, konsumsi BBM, RPM terakhir pun bisa dibaca. Jadi, driving habit pengendara terekam datanya. Ini sesuatu yang baru di segmen komersial,” tutur dia.

Layanan lain yang ditawarkan adalah, program ganti oli murah sebagai upaya mematahkan pandangan servis di Isuzu mahal. Program ini malah jauh lebih murah dari bengkel tidak resmi.

Astra Isuzu juga akan memperkenalkan sejumlah layanan terbaru itu kepada pengunjung ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GII Comvec) 2020 yang digelar di Jakarta Convention Center, 5-8 Maret.

Heri menambahkan, layanan purna jual yang juga tidak dimiliki kompetitor adalah santunan untuk sopir untuk mitra business to business (B2B) Isuzu. Lewat program ini, pengendara yang meninggal dunia mendapat santunan dari Isuzu sebesar Rp 20 juta, dan untuk perawatan di rumah sakit sebesar Rp 2 juta. Program ini disambut baik konsumen. Karena Astra Isuzu dinilai memiliki kepedulian lebih kepada pelanggannya.

Performa Isuzu MU-X yang andal juga membuat penjualan mobil ini terus tinggi dan makin diminati konsumen. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada 2017 penjualan Isuzu MU-X mencapai 712 unit. Tahun berikutnya naik menjadi 737 unit.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

Ada Efek Pegal-pegal dan Ngantuk

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Setelah disuntik vaksin, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana tidak berencana melakukan kegiatan yang terlalu berat. “Setelah …

Dinas Lingkungan Hidup Usulkan Perda TPU

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Pemerintah Kabupaten Subang, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  mengusulkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Tempat Pemakaman Umum (TPU) …

Pemkab Belum Ada Rencana Perbaikan

POJOKBANDUNG.com, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, belum ada rencana untuk memperbaiki bangunan sekolah rusak yang terdampak banjir. Kepala Dinas …

Jembatan Cisokan Tak Kunjung Diperbaiki

POJOKBANDUNG.com, CIANJUR – Sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Cibanggala dengan pusat pemerintahan Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur ambruk diterjang air Sungai …

Dua Orang Tersangka Masih Buron

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Polres Cimahi menetapkan delapan orang sebagai tersangka dalam bentrokan antar geng motor yang terjadi di Jalan Raya …

Kades Merem Melek, Takut Jarum Suntik

POJOKBANDUNG.com, TANJUNGSARI  – Lantaran belum pernah merasakan disuntik sejak 58 tahun. Kepala Desa Kutamandiri Caca Suryana menutup wajahnya dengan menggunakan …

147 Orang Akan di Test Swab

POJOKBANDUNG.com, PARONGPONG – Berdasarkan hasil tracing Puskesmas Ciwaruga terhadap kontak erat jamaah ziarah yang terpapar COVID-19 di Kampung Pangkalan RW …

Harapan Ekonomi di Tangan Petani

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Ditengah situasi pandemi Covid 19, program 5.000 petani milenial yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharapkan …