Kuota Mudik Gratis Ludes

Para pemudik gratis Lebaran, mendaftar di lantai dua kantor Pemerintahan Kota Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah.

Para pemudik gratis Lebaran, mendaftar di lantai dua kantor Pemerintahan Kota Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah.

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kuota pendaftaran mudik gratis lebaran tahun 2020 Kota Cimahi yang dibuka sejak Senin (2/3/2020) dan harusnya berakhir tanggal 31 Maret mendatang ludes hanya dalam waktu dua hari.


Tingginya animo masyarakat terhadap program pemerintah tersebut membuat tempat pendaftaran yang berlangsung di Kantor Dishub Kota Cimahi di lantai 4 Gedung C Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Amir Mahmud Kota Cimahi selalu penuh dengan antrian.

Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan, tahun ini, Dinas Perhubungan Kota Cimahi menyediakan kuota mudik gratis sebanyak 750 orang yang diperuntukan hanya bagi warga yang berdomisili di Kota Cimahi.

“Pendaftaran baru dibuka pada Senin 2 Maret 2020 dan dalam sehari kuota langsung terisi. Pasti dengan terbatasnya kuota, tidak semua masyarakat dapat terakomodir program tersebut,” jelas Ranto saat ditemui, Selasa (3/2/2020).

Dikatakan Ranto, animo masyarakat Kota Cimahi dalam mengikuti program mudik gratis semakin meningkat setiap tahunnya. Program layanan tersebut dimulai tahun 2017. Animo itulah yang membuat kuota mudik gratis habis hanya dalam dua hari.

“Kemungkinan karena masyarakat sudah ikut layanan tahun sebelumnya, juga masyarakat khawatir tidak kebagian tiket moda transportasi umum karena biasanya banyak pesaing dan terbatas,” ungkapnya.

Menurutnya, tujuan mudik gratis lebaran tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya. Yakni dari Kota Cimahi menuju Solo via Yogyakarta jalur selatan dan dari Kota Cimahi menuju Semarang via Cirebon jalur utara. Mereka akan diberangkatkan 21 Mei mendatang.

“Tapi nanti sebelum berangkat, masyarakat yang terakomodir harus melakukan proses daftar ulang yang berlangsung 4-15 Mei 2020 dan bagi yang batal berangkat agar melakukan pemberitahuan, sehingga kuotanya bisa diisi oleh warga lain yang belum terdaftar,” jelas Ranto.

Sedangkan bagi masyarakat yang tidak terakomidir program mudik gratis di Kota Cimahi, kata Ranto agar tidak berkecil hati, karena pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat agar bisa menampung warga yang belum terakomodir.

Ia menerangkan, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat sudah memberikan formulir untuk pendaftaran mudik gratis tingkat Provinsi. “Tadi belum dikasih kuota, karena Dishub Provinsi Jabar baru membuka pendaftaran nanti tanggal 20 Maret 2020 mendatang,” jelasnya.

Tahun ini, Dinas Perhubungan Kota Cimahi hanya menyediakan 13 armada bus untuk mengangkut 750 penumpang. Anggaran yang dikucurkan untuk program mudik gratis tersebut mencapai Rp185.250.000, dimana alokasi per unitnya mencapai Rp4.750.000.

(bie/b)

Loading...

loading...

Feeds

PTM Terbatas Harus Fokus pada Hal Esensial

POJOKBANDUNG.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas perlu berfokus pada hal …