Ternyata Itu Semua Strategi

sufardi nasir

sufardi nasir

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persib Bandung banyak menggelar uji tanding dalam masa persiapannya menghadapi Liga 1 2020. Tercatat, delapan uji tanding dilakoni klub berjulukan Maung Bandung itu pada sesi pramusim 2020.


Eksperimen taktik dan juga rotasi peran kerap dilakukan pelatih Persib, Robert Alberts, dalam delapan uji tanding tersebut. Kendati demikian, ada dua pemain yang bisa dibilang jarang mendapatkan kesempatan main dalam uji tanding Persib pada pramusim 2020. Mereka adalah Kim Jeffrey Kurniawan dan Supardi Nasir.

Di lini tengah, atau posisi yang biasa dimainkan Kim, Robert cenderung lebih sering menduetkan Omid Nazari dengan Dedi Kusnandar. Sementara itu posisi Supardi di fullback kanan lebih sering diisi Ardi Idrus, dengan Zalnando bermain di fullback kiri.

Situasi tersebut sempat menimbulkan anggapan, Kim dan Supardi akan masuk dalam skuad lapis dua Persib pada kompetisi musim ini. Pertanyaan soal siapa yang akan menjadi kapten utama Persib pun sempat mencuat.

Pasalnya, Supardi yang merupakan kapten tim Persib sejak 2018 jarang diturunkan. Robert, kerap kali memilih Victor Igbonefo sebagai kapten kesebelasan. Akan tetapi, ketika klub berjulukan Maung Bandung itu memainkan laga perdana Shopee Liga 1 2020, Supardi dan Kim justru dimainkan Robert sebagai starter.Kim, berduet bersama Omid di lini tengah, sementara Supardi tetap bermain di fullback kanan.

Robert mengaku, dirinya memang sengaja melakukan banyak eksperimen pada masa pramusim. Menurut pelatih asal Belanda itu, hal tersebut dilakukan karena dia ingin memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh semua pemainnya.

“Itu adalah rencana untuk masa depan dan bagaimana perkembangan di dalam tim. Karena kami tahu dari musim lalu, itu bisa kami lakukan. Sedangkan pada masa pramusim, itu adalah kesempatan untuk mencoba kombinasi baru, jadi itu adalah bagian dari pramusim, bagaimana fungsi dari kombinasi baru di dalam tim,” tutur dia.

Robert senang karena rencananya berjalan cukup baik. Buktinya, klub berjulukan Maung Bandung itu bisa meraih kemenangan telak tiga gol tanpa balas atas Persela Lamongan.

Robert juga memuji kinerja Kim yang bisa menjadi penghubung permainan antara lini tengah dan depan. Dalam skema dua penyerang, Robert mengaku, dia memerlukan pemain dengan determinasi tinggi seperti Kim untuk membuat sistem permainan berjalan baik.

“Dan Kim saya pilih karena dirinya bisa melakukan penetrasi dengan larinya. Kedua striker butuh seseorang untuk masuk ke dalam sistem. Kalau kami memainkan pemain lain, itu akan sulit karena karakternya tidak masuk ke dalam tim. Itu adalah pergerakan taktikal,” kata mantan pelatih PSM Makassar itu.

Sementara Supardi mengatakan, soal pemilihan pemain sebagai starter adalah hak pelatih untuk menentukan. Sebagai pemain dia hanya berusaha keras menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam latihan dan pertandingan. Ketika mendapatkan kepercayaan bermain, Supardi mengaku, dirinya akan menjawab kepercayaan itu dengan penampilan bagus di lapangan.

“Ya, starter hak pelatih untuk menentukan. Sebagai pemain, kami hanya memaksimalkan kepercayaan pelatih. Setiap diberikan kepercayaan bermain saya siap selalu, tugas saya hanya berlatih, semuanya keputusan ada dipelatih,” tegas dia.

(pra)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …