Jaga Raga dengan Yoga yang Punya Banyak Manfaat

Kelas yoga diramaikan peserta pada kegiatan Healthy Series di The Papandayan Hotel, Jalan Gatot Soebroto, Minggu (01/03/2020).

Kelas yoga diramaikan peserta pada kegiatan Healthy Series di The Papandayan Hotel, Jalan Gatot Soebroto, Minggu (01/03/2020).

POJOKBANDUNG.com, GAYA hidup sehat sedang tren digalakan banyak orang. Dimulai dari berolahraga, ada banyak olahraga yang bisa dimanfaatkan guna menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah yoga yang punya banyak manfaat. Melalui kegiatan ‘Healthy Series’ yang digelar Minggu, 1 Maret, The Papandayan Hotel menghadirkan tiga instruktur yoga terkemuka.


Bekerjasama dengan Dharana.id, Healthy Series diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah. Hendri Take, Anjasmara, dan Deera Dewi memimpin kelas yoga yang terbagi atas tiga sesi. Pertama, rising the energy bersama Hendri Take, balancing the energy bersama Anjasmara, dan descending & restore the energy bersama Deera Dewi.

Pada sesi rising the energy, Hendri Take memberikan beberapa gerakan yang cukup powerful. Ia mengajarkan gerakan dasar seperti hatha dan vinyasa. Selain itu, dia juga menampilkan gerakan handstand yang walapun terlibat mudah namun cukup sulit dilakukan khususnya pemula.

Saat memeragakan handstand, terlihat hanya beberapa orang saja yang berhasil melakukannya. Sisanya, perlu dibantu oleh Hendri atau temannya. Ditemui selepas acara, Hendri menjelaskan gerakan handstand atau posisi kepala dibawah dengan kaki diatas memang cukup sulit.

“Kalau memang rutin sih dalam hitungan bulan udah bisa lancar, ya tiga bulan. Dalam sehari 2-3 jam kita lakuin tersusun,” jelasnya di The Papandayan Hotel Jalan Gatot Soebroto. Katanya handstand melatih ketahanan otot bahu dan telapak tangan. Gerakan ini bisa dipakai sebagai stretching setelah melakukan kegiatan olahraga

Hendri mengungkapkan dari banyaknya jenis yoga, sejak 14 tahun lalu dia fokus pada gerakan dasar yakni hatha dan vinyasa. Katanya, untuk memulai olahraga yoga, gerakan dasar adalah kunci untuk melanjutkan ke tahap yang lebih serius.

Pemenang ajang Influence Asia 2015 ini mengaku ketagihan yoga karena memberikan banyak manfaat, yaitu tidur nyenyak dan membuat badan lebih segar. Terlanjur mencintai gaya hidup sehat, Hendri tidak cuma sekadar menjadi instruktur yoga saja.

Diketahui, dia juga memiliki bisnis minuman sehat, yakni jamu. Diberi nama ‘Click Jahe’, ini adalah jamu dalam kemasan botol yang lebih praktis. Ide membuat bisnis jamu datang atas desakan teman-temannya yang melihat potensi Hendri dalam meracik ramuan herbal tersebut.

Sesi kedua dilanjut dengan kelas yoga bersama Anjasmara. Pesinetron yang sekarang banting setir menjadi instruktur senam ini lihai memandu setiap gerakan yang tergolong rileks tersebut. Kelas balancing energy ini hadir dengan gerakan yang lebih santai. Apalagi saat gerakan shavasana atau posisi tidur.

Posisi tidur dalam yoga tidak dilakukan dengan sembarangan karena peserta harus menyadari apa saja yang terjadi di dalam tubuh tanpa mengaturnya. Mengatur pernapasan jadi kunci dalam sesi ini, pasalnya pernapasan yang maksimal bisa menghasilkan energi yang terasa sampai ujung jari kaki.

“Setelah saya mendalami yoga hampir 20 tahun, manfaat yang dirasakan adalah lebih mudah memanage stres,” ujarnya. Katanya, profesi yang sedang dijalani bukanlah sebuah rencana. Sejak tahun 2004, Anjasmara mulai berlatih yoga, sampai dengan pertengahan tahun 2013 sang istri, Dian Utami menyarankan dia untuk ambil kelas profesi.

Sebelum seperti sekarang, Anjasmara mengaku sempat latihan yoga melalui tayangan video. “Dari tahun 2004 saya mulai tertarik yoga karena meditasi. Kemudian sempat nonton video, ya gak salah tapi tidak maksimal saja hasilnya. Akhirnya tahun 2013, Dian (istri-red) ketemu sama Deera katanya suruh belajar sama dia,” ungkapnya.

Anjasmara lalu mengikuti pelatihan selama sekitar delapan bulan atau setara 200 jam. Lilis kelas itu, ia memberanikan diri membuka kelas mengajar yoga dan menambah lisensinya menjadi 500 jam. Sekarang Anjasmara sudah punya lini bisnis yoga dengan nama ‘Asmaradana Sanctuary’.

Kelas yoga hari itu ditutup dengan sesi bersama Deera Dewi yakni descending & restore the energy. Dikelas ini Deera lebih mengajak peserta melakukan stretching dan restoratif. Tampak para peserta keluar ruangan dengan raut wajah lelah namun tetap bahagia.

(fid/b)

 

Loading...

loading...

Feeds

Telkomsel Jamin Data Pelanggan Tetap Aman

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan manfaat teknologi secara menyeluruh untuk …

Pengisi Suara Doraemon Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari Nurhasanah. Wanita yang namanya dikenal sebagai pengisi suara Doraemon ini dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (12/7) …