Rawat Kesehatan Kulit Wajah Tak Bisa Sembarangan

Salah satu treatment kecantikan di klinik Skin Ethica yakni facial yang bisa menghilangkan komedo dan mencerahkan kulit wajah.

Salah satu treatment kecantikan di klinik Skin Ethica yakni facial yang bisa menghilangkan komedo dan mencerahkan kulit wajah.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG –MESKIPUN menjalani serangkaian perawatan kulit yang mahal, bila tidak menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat, maka tidak akan menghasilkan kulit yang diinginkan. Memiliki kulit bersih berseri-seri dan sehat pastinya jadi dambaan semua orang.


Dr Nuri N S, Sp. GK, dokter spesialis gizi disalah satu klinik kecantikan di Kota Bandung menuturkan untuk mendapatkan kulit yang sehat tidak bisa hanya mengandalkan skincare saja. Konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh juga harus diperhatikan. Makanannya pun tidak bisa sembarangan, karena akan mempengaruhi kesehatan kulit wajah.

Ia memaparkan ciri-ciri kulit wajah yang sehat. Pertama, kulit yang cerah. Masih banyak stigma masyarakat yang menyebut warna kulit putih adalah warna kulit yang sempurna. Padahal Nuri menyebut justru kulit yang cerah harus dimiliki kulit wajah seseorang.

Kemudian, selain cerah, kulit glowing ala seleb Korea juga jadi dambaan banyak wanita Indonesia. Katanya, kulit glowing bisa didapat selain dari rajinnya memakai skin care tapi makanan yang mengandung kolagen. “Makanan yang membuat terlihat awet muda, cerah, dan glowing itu biasanya didapat dari makanan mengandung kolagen,” katanya ditemui di Klinik Skinethica di Jalan Aceh, Rabu (26/02/2020).

Kolagen merupakan protein yang diproduksi oleh sel tubuh yang membantu regenerasi kulit, serta menjaganya tetap halus dan lembab. Kolagen inilah yang membantu kulit wajah seseorang tetap awet muda.

Dia menyebut untuk meningkatkan produksi kolagen alami di dalam tubuh, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi. Diantaranya alpukat, wortel, ubi, telur, kubis, ikan, dan kacang-kacangan. Selain itu banyak konsumsi sayur dan buah juga bisa mempercepat proses produksi kolagen pada tubuh, salah satunya adalah buah berries.

Kemudian, makanan mengandung protein juga harus dikonsumsi secara rutin. “Para ahli merekomendasikan asupan protein harian sekitar 46 gram untuk perempuan dan 56 gram untuk laki-laki,” sambungnya. Manfaat protein beragam, mulai dari membangun sistem imun, membentuk otot, mengurangi stres, menguatkan tulang, meningkatkan mood, regulasi hormon, dan lainnya.

Beberapa makanan berprotein yang bisa dikonsumsi seperti spirulina, yogurt, keju, kedelai panggang, udang, dada ayam, gandum, daging sapi, dan ikan tuna. Kemudian, omega 3 yang didapat dari minyak ikan juga masuk dalam kategori salah satu makanan yang bisa menjaga kulit sehat.

Perawatan kulit wajah secara teratur juga disebut Nuri jadi salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Skin Ethica adalah salah satu klinik kecantikan yang menawarkan beragam perawatan kulit. Perwakilan tim dokter kesehatan Skin Ethica, Dr Nia Ayu S, Sp.KK mengatakan tamu yang melakukan perawatan di sini akan diberikan sejumlah rekomendasi sesuai kebutuhan.

Pasien tidak bisa sembarangan meminta perawatan. Karena akan sebelumnya akan diperiksa dulu oleh dokter yang bersangkutan sebelum masuk ruang perawatan. Ada tiga dokter spesialis di sini, dokter spesialis kulit dan kelamin, spesialis gizi klinik, dan bedah plastik.

“Pelayanannya komprehensif dan menyeluruh. Jadi misalnya ada pasien yang pengen kulit wajahnya kembali seperti muda, tidak ada penuaan. Pertama mereka diarahkan dulu ke bagian gizi untuk dicek kondisi tubuhnya, kemudian ke bagian kulit untuk dicek apakah masih bisa dengan perawatan biasa dengan alat, kalau sudah tidak bisa dengan alat baru diarahkan ke dokter bedah,” terangnya.

Nia selaku dokter spesialis kulit dan kelamin banyak menerima pasien dengan keluhan kulit wajah dengan flek hitam atau penuaan. Keluhan-keluhan tersebut kata Nia bisa diobati dengan perawatan kulit berkala, namun apabila sudah masuk tahap perubahan bentuk maka akan diarahkan ke bagian bedah atau estetika.

(fid)

Loading...

loading...

Feeds