Dengan JKN-KIS, Hati Tenang Jalani Proses Persalinan

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI  –Salah satu manfaat yang bisa didapatkan oleh pesertaJaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), khususnya bagi wanita hamil, yaitu bisa menggunakan kartu JKN-KIS untuk periksa kehamilan dan melahirkan. Pasien persalinan peserta JKN-KIS benar-benar terbantu dengan adanya layanan kesehatan ini mulai dari tindakan proses melahirkan, opname pasca melahirkan hingga pasien benar-benar dinyatakan pulih.Banyak pasien persalinan peserta JKN-KIS mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan selama proses persalinan, baik secara normal maupun melalui operasi caesar.


Seperti yang diungkapkan oleh Popon Nopita Sari(36), warga Pakuhaji, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, yang direkomendasikan dokter untuk dilakukan operasi caesar. Hingga akhirnya pada awalbulanFebruari 2020 dirinya melahirkan dengan bantuan operasi caesar di RS Cahya Kawaluyan, operasi berjalan dengan lancar, Popon melahirkan anak kedua yang berjenis kelamin laki-laki. Pasca melahirkan Popon dan buah hati diopname untuk memulihkan kondisinya selama 3 hari sampai dinyatakan sehat dan bisa pulang kembali ke rumah.

Popon dan suami awalnyasempat mengaku kebingungan mengingat biaya operasi caesar yang terbilang mahal, belum lagi biaya kamar dan obat-obatan selama opname. Akan tetapi kekhawatiran tersebut sirna, ternyata BPJS Kesehatan menanggung seluruh biaya yang dikeluarkan sampai dengan Popon dan putranya dinyatakan sehat dan boleh pulang kembali ke rumah.

“Inimerupakan operasi caesar pertama saya menggunakan JKN-KISjadi awalnya sempat ragu juga apakah benar nanti tidak akan dikenakan biaya alias gratis, belum lagi terbayang prosedurnya yang rumit namun ternyata setelah dijalani semua prosesnya mudah dan memang tidak dikenakan biaya termasuk seluruhbiayarawatinapdanobat-obatannya,” ungkapnya.

Menurutnya, pelayanan pihak RS kepada pasien BPJS Kesehatan juga sangat baik, tidak ada perbedaan dengan pasien non BPJS. Proses administrasidan proses persalinanoperasi berjalan dengan lancar dan tanpa dipungut biaya samasekali. Dokter dan para perawat juga sangat ramah dan baik dalam memberikan pelayanan.

“Bagi saya BPJS Kesehatan dan program JKN-KIS ini luar biasa, memiliki kartu JKN-KIS ini sangat penting, kartu ini yang membuat saya dan keluarga tenang, karena kita tidak tahu apa yang terjadi pada hidup kita sakit bisa datang kapan saja, dengan kartuJKN-KIS kekhawatiran itu sirna,” tutupnya.

(dh)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …