Maksimalkan Potensi Hasil Bumi di Tanah Tegalmanggung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pengabdian masyarakat menjadi salah satu bentuk bakti perguruan tinggi dalam mengimplementasikan ilmunya terhadap masyarakat yang membutuhkan. Tanggung jawab moral dan keilmuan tersebut mendorong peran akademisi baik mahasiswa maupun peneliti berkontribusi untuk kemajuan bangsa.
Berbeda dengan pengabdian masyarakat lainnya, Himpunan Mahasiswa Teknologi Pasca Panen (TPP) ‘Vrada’ Institut Teknologi Bandung (ITB) berkolaborasi dengan Fruit Today Company, menggelar Talk Show dan Pembinaan Kewirausahaan. Kegiatan ini bertujuan mengedukasi masyarakat di Desa Tegalmanggung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang untuk bisa mengimplementasikan potensi sumber daya yang ada di sana.
Pada kegiatan yang berlangsung Minggu (23/02/2020), masyarakat diarahkan dan dibina oleh praktisi sekaligus wirausahawan muda yakni CEO Fruit Today Company, Albi Arjani. Selain itu, hadir pula Dosen Kewirausahaan ITB sekaligus CEO Lyco Farm, Pathmi Noerhartini yaitu pengusaha di bidang pertanian yang telah menghasilkan omset hingga milyaran rupiah.
Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Mahasiswa TPP ITB, Situ Sarah Aghnia mengatakan, Desa Tegalmanggung dipilih sebagai lokasi pengabdian masyarakat karena potensi pertanian yang besar, lahan yang subur sehingga mempunyai menghasipakn berbagai jenis komoditas, seperti padi, jagung, aren, umbi-umbian, dan sayur-sayuran.
Katanya, potensi ini belum dimaksimalkan oleh para petani karena kurangnya fasilitas teknologi pasca panen dan pemasaran yang baik. “Para pemuda di sini masih kurang berminat melihat peluang dan potensi agrobisnis di desanya sendiri dan lebih memilih menjadi buruh pabrik atau bekerja di luar desa,” katanya.
Kemudian, melalui kegiatan workshop modern berbasis ‘startup petani muda’, diharapkan bisa mengangkat usaha tani menjadi sesuatu yang bergengsi. “Dengan demikian anak muda tidak lagi menganggap usaha tani adalah hal yang ketinggalan zaman,” sambungnya.
Sementara itu, founder dan CEO Fruit Today Company, Albi Arjani menuturkan Fruit Today Company berkomitmen penuh untuk senantiasa berkontribusi untuk menyehatkan anak bangsa melalui gemar makan buah. Katanya, untuk membentuk karakter yang baik itu perlu dimulai dari hal kecil, salah satunya rajin mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin.
Albi menambahkan, potensi hasil bumi di Desa Tegalmanggung sangat besar, hanya saja mereka belum bisa mengolah dan membuat suatu gebrakan. “Setelah kita memberikan workshop, di sana diberikan motivasi dan arahan, terlihat sekali kalau mereka sangat tergugah dan antusias untuk memajukan daerahnya sendiri. Diantaranya mereka ingin berkolaborasi dengan akademisi, praktisi dan para wirausahawan muda yang bergelut di bidang startup,” terangnya.
Setelah program pengabdian masyarakat, Desa Tegalmanggung akan menjadi desa binaan. Bukan cuma dari Himpunan Mahasiswa TPP ITB, tapi juga dari Fruit Today Company yang bisa mengeksplor lebih dalam potensi. Pada kegiatan workshop tersebut, para pemuda yang bertanya mendapat arahan untuk konsultasi dengan mahasiswa dan para dosen berkompeten di bidangnya
“Kami pun menyempatkan berbagi buah-buahan secara gratis kepada masyarakat Desa Tegalmanggung sebagai bentuk komitmen dari Fruit Today Company dimana sebagian penghasilannya digunakan untuk pengabdian kepada masyarakat,” tandasnya.

(fid)


Loading...

loading...

Feeds