Siapkan 300 Relawan Cegah Kedaruratan

Ratusan Relawan Layad dihadirkan dalam apel siaga, di Cimahi Technopark Jln. Baros, Senin (24/2/2020).

Ratusan Relawan Layad dihadirkan dalam apel siaga, di Cimahi Technopark Jln. Baros, Senin (24/2/2020).

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi siagakan relawan kedaruratan. Jumlah Relawan Rawat Layad sebanyak 300 orang. Nantinya seluruh relawan akan disebar ke tiap kelurahan guna meminalisir kegawatdaruratan.


“Ada 300 orang (relawan), terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Kebanyakan usia muda. Karena relawan, jadi mereka tidak digaji,” kata Walikota Cimahi Ajay M Priatna.

Ajay mengungkapkan, para relawan Rawat Layad ini nantinya akan bertugas membantu pemerintahan ketika ada kegawatdaruratan di wilayah Cimahi.

“Makanya mereka dilatih untuk bekal pertolongan pertama,” terangnya.

Sekretaris Dinkes Kota Cimahi, Chanifah Listyarini menambahkan, pelatihan Relawan Rawat Layad ini sudah dilakukan sejak tahun lalu.

“Ini merupakan program provinsi, latihannya sudah dilakukan sejak tahun lalu sehari full, tiga angkatan. Untuk pemanfaatnya diserahkan ke daerah. Selain itu kita akan optimalkan ambulan siaga yang sudah ada di 15 kelurahan,” ungkapnya.

Dijelaskan Rini, pelatihan yang diberikan kepada realawan ini bagaimana triase atau penanganan kegawatdarutan yang dilakukan,  termasuk SOP untuk kegawatdarurat.

“Jika ada pertolongan, apa yang harus dilakukan pertama, misalnya pernafasannya, harus membebaskan  jalan nafas,  itu yang utama. Tanda-tanda vital itu yang harus mereka perhatikan, sambil membangun jejaring  juga dgn puskesmas dan ambulan puskesmas,” ungkapnya.

(bie)

Loading...

loading...

Feeds