Popularitas Emil Bisa Salip Anies

Popularitas Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil masih kalah dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Namun, posisi ini bisa berubah karena eskalasi permasalahan yang dihadapi di antara mereka. (dok. Humas Pemprov Jawa Barat)

Popularitas Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil masih kalah dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Namun, posisi ini bisa berubah karena eskalasi permasalahan yang dihadapi di antara mereka. (dok. Humas Pemprov Jawa Barat)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Popularitas Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil masih kalah dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Namun, posisi ini bisa berubah karena eskalasi permasalahan yang dihadapi di antara mereka.


Berdasarkan survei Indo Barometer, Ridwan Kamil menjadi kepala daerah kedua paling dikenal dengan persentase 65.8 persen. Sedangkan tingkat pengenalan di Anies Baswedan berada di angka 91,7 persen.

Pengamat hukum dan pemerintahan Universitas Padjadjaran (Unpad) Firman Manan menyebut survei itu menjadi data awal untuk elektabilitas calon presiden 2024. Hanya saja, popularitas yang ada tidak memunculkan sentimen yang negatif dari isu isu kontroversial.

Dari sudut pandang ini, Ridwan Kamil diuntungkan karena lebih fokus menyelesaikan permasalahan di tingkat Jabar. Sedangkan isu yang menghinggapi Anies Baswedan lebih kompleks.

“Sejauh ini kerap muncul isu-isu kontroversial dari Gubernur DKI Jakarta. DI Jabar juga ada, tapi tidak semasif di DKI Jakarta magnet politiknya sangat kuat, jadi isu nasional itu bersentuhan betul,” kata dia kepada wartawan, Senin (24/2/2020).

Hal inilah yang bisa menjadi faktor popularitas Anies Baswedan tergerus hingga berpengaruh pada elektabilitasnya. Apalagi, jika dihubungkan dengan Pemilihan Presiden akan berlangsung pada 2024 nanti, kedua sosok ini masih memiliki waktu yang cukup untuk memasang strategi menjaga atau meningkatkan popularitas dan elektabilitas.

“Politik Indonesia kan banyak kejutan, seringkali yang muncul tiba tiba orang yang tadinya tidak dibicarakan,” katanya.

Ia menambahkan, survei merupakan hasil dari opini publik. Sedangkan responden tersebut dipilih secara random, termasuk orang yang awam. Ridwan Kamil kalah dalam hal coverege dari media mainstream, khususnya mengenai isu nasional.

Di sisi lain, Ridwan Kamil unggul dari gubernur lainnya jika dibandingkan dengan aktivitas di media sosial twitter maupun instagram. Ukuran kasarnya adalah jumlah pengikut yang mengalahkan Anies Baswedan, Khofifah Indar Parawansa, Ganjar Pranowo maupun Tri Rismaharini.

(cr4/b)

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Lubang Bak Kontrol Dibiarkan Terbuka

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di Jalan Raya Soreang, tepatnya di depan perempatan lampu merah depan Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung terdapat lubang …

Jalan Provinsi di Cikalong Terancam Longsor

POJOKBANDUNG.com, CIKALONGWETAN – Jalan raya Provinsi Cikalong-Cipendeuy terancam putus akibat longsor yang memakan bahu jalan. Berdasarkan pantauan, bahu jalan yang …